Pagi Ini, Sat Binmas Kembali Blusukan Ke Sekolah-sekolah Binluh Terkait Bullying

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Sat Binmas Polres Rembang melaksanakan sosialisasi, pembinaan dan penyuluhan (Binluh) dengan sasaran pelajar sebagai upaya mencegah tindakan bullying di sekolah.

Sat Binmas Polres Rembang dipimpin KBO Sat Binmas Iptu Suharyoso memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap siswa siswi SMA N 3 Rembang.

Menurut Iptu Suharyoso perundungan atau bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal fisik ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya. Akibat tindakan ini membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok.

” Dengan kegiatan ini para siswa bisa memahami bahaya bullying beserta dampaknya,” jelasnya saat di konfirmasi, Jum’at (06/10).

Dia mengharapkan semua warga sekolah turut berpartisipasi menciptakan sekolah yang aman dan nyaman serta bebas tindakan perundungan.

Sementara upaya pencegahan bullying oleh anak dapat dilakukan dengan mengembangkan budaya relasi (pertemanan) positif, saling mendukung satu sama lain, merangkul teman menjadi korban bullying.

” Termasuk memahami dan menerima perbedaan tiap individu di lingkungan sebaya dan ikut serta membuat dan menegakkan aturan sekolah terkait pencegahan bullying,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama disampaikan juga antisipasi pelecehan seksual terhadap anak. Sosialisasi tersebut menginformasikan ada beberapa bagian tubuh tidak boleh disentuh oleh orang lain. Hanya bisa dilakukan oleh orang tua atau dokter.

” Dengan memberikan pemahaman dan pengertian dari Sat Binmas, diharapkan para siswa siswi dapat menghindari atau mencegah terjadinya pelecehan seksual,” pungkasnya.

HUMAS POLRES REMBANG