Kapolres Rembang Turut Hadiri Acara Musrenbang RKPD Kabupaten Rembang

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kapolres Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan, S.I.K. turut menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang digelar di pendopo museum kartini Rembang, Kamis (30/3/2023).

Dalam acara itu, selain kemiskinan, yang juga menjadi sorotan yakni stunting, anak tidak sekolah, hingga pembangunan infrastruktur.

’’ Solusi permasalahan daerah antara lain bapak asuh anak stunting, pendampingan miskin ekstrem, penanganan anak tidak sekolah, dan peningkatan sarana prasarana infrastruktur wilayah,’’ ujar Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, S.Pdi dalam Musrenbang yang digelar Bappeda tersebut.

Menurut Bupati, permasalahan daerah tidak mungkin diselesaikan sendiri. Sebab, banyak keterbatasan, khususnya terkait anggaran. Karena itu, lanjut Bupati, pembangunan perlu didukung dunia usaha, lembaga, bahkan perorangan.

’’Perlu didukung semua pihak, baik dunia usaha, lembaga atau organisasi, bahkan mungkin perorangan. Perusahaan, melalui TSP (Tanggungjawab Sosial Perusahaan) atau CSR (corporate social responsibility) atau juga perorangan, tolong agar dikoordinasikan dengan Bappeda untuk dapat disalurkan,’’ paparnya.

Dalam Musrenbang tersebut, selain dihadiri oleh Forkompimda, turut hadir pula Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Bappeda Provinsi Jateng Bapak Agung Koenmarjono, S.H. mewakili Kepala Bappeda Jawa Tengah.

Agung menyampaikan beberapa isu strategis yang menjadi fokus Pemprov Jateng. Keempatnya yakni perekonomian tangguh yang berdaya saing dan berkelanjutan. Kemudian sumber daya manusia yang berdaya saing, berkarakter dan adaptif, ketahanan sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta tata kelola pemerintahan yang dinamis.

’’Kami ada empat isu strategis. Pertama, bagaimana bisa meningkatkan perekonomian tangguh. Kalau dilihat, provinsi memang sudah lima persen lebih (pertumbuhan ekonominya). Tapi kalau dilihat 35 kabupaten dan kota ada yang masih belum tinggi,’’ paparnya.

HUMAS POLRES REMBANG