Dengan Tetap Jaga Prokes, Polres Rembang Amankan Pagelaran Larung Sesaji

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Acara tahunan di Desa Tasik Agung Kecamatan Rembang Jawa tengah berupa larung sesaji Sedekah Laut adalah salah satu tradisi yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat Desa tersebut, Jum’at (21/5/2021) pagi tadi.

Hadir dalam acara tersebut adalah Kapolsek Rembang AKP Didik Dwi Susanto, S.H. didampingi KBO Intelkam Iptu Pringgo Setyono, S.H. dan para Muspika beserta masyarakat nelayan desa Tasik Agung dan sekitarnya.

Sedekah Laut berupa larung sesaji oleh masyarakat desa Tasik Agung merupakan kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan sejak turun temurun dari nenek moyang masyarakat tersebut.

“ Kami tetap mengijinkan acara ini di gelar karena memang sudah acara rutin turun temurun, tetapi harus digaris bawahi agar tetap mengedepankan protokol Kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 ini “, ungkap Kapolsek.

Suyanto salah seorang warga Desa Tasik Agung mengemukakan acara larung sesaji oleh masyarakat Desa Tasik Agung diyakini supaya membawa perolehan hasil tangkapan ikan melimpah dan barokah disamping untuk keselamatan para nelayan selama berada di tengah laut selama mencari ikan.

Dengan menggunakan kapal nelayan, masyarakat berbondong – bondong menuju ke tengah laut dan setelah di doakan oleh sesepuh desa tersebut kemudian sesaji dilarungkan di tengah laut.

Terlihat masyarakat Desa Tasik Agung dan sekitarnya termasuk yang dari luar Kecamatan Rembang juga banyak yang menyempatkan untuk menyaksikan acara tersebut walaupun menyaksikan hanya di pinggir pantai.

Acara berlangsung sederhana tapi meriah, sembari tetap mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“ Acara demikian perlu dilestarikan mengingat ini adalah salah satu acara adat peninggalan nenek moyang kita “ Ungkap Kepala Desa Tasik Agung.

HUMAS POLRES REMBANG