Breaking News

Polres Rembang Kawal Unjuk Rasa Warga Sale Protes Bau Limbah UD Alkuba

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Rembang – Polda Jateng , Kepolisian Resor Rembang, Polda Jawa Tengah melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa oleh warga desa Sale Kec Sale mendatangi gedung DPRD Rembang, Senin (12 November 2018).

Mereka berdemo sambil mengenakan masker, memprotes pencemaran lingkungan yang diduga berasal dari pabrik pengolahan kulit di kampung mereka

Massa pendemo membentangkan poster tuntutan dan berorasi, sekaligus melakukan aksi teatrikal, untuk menggambarkan betapa warga sudah bosan dengan dampak pencemaran.

Bambang Sembodo Utomo, seorang warga Desa Sale menjelaskan sejak beroperasi tahun 2005 lalu, pabrik pengolahan kulit mulai memicu keresahan. Bau busuk menyengat mengganggu masyarakat sekitar. Kemudian pada tahun 2010, disinyalir limbah pengolahan pabrik kulit juga dibuang ke sungai, sehingga mencemari daerah aliran sungai.
Saat menuju kantor DPRD Rembang rombongan pengunjuk rasa dikawal oleh Polsek Sale Polres Rembang.

Kabag Ops Polres Rembang Kompol Yohan Setiajid, SH, M Hum memimpin pengamanan aksi tersebut.Hingga berupaya melakukan pendekatan dan upaya persuasif agar mereka dengan sadar membubarkan diri, ujarnya.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung kurang lebih 2 jam mendapatkan pengamanan dari Polres Rembang dengan menerjunkan 35 personel ditambah anggota dari Polsek Rembang dan Polsek Sale Polres Rembang . Pelaksanaan pengamanan unjuk rasa berjalan dengan aman dan lancar.

Lihat juga artikel berikut