Sambangi Bengkel, Tim Patroli Polsek Bulu Sosialisasikan Larangan Knalpot Tak Sesuai Spesifikasi

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id , Polsek Bulu, Polres Rembang, Polda Jateng terus bergerak untuk menyampaikan sosialisasi tentang larangan penggunaan knalpot yang tak sesuai spesifikasi teknis pada wilayah hukumnya.

Upaya tersebut kali ini dilakukan oleh Tim Patroli Polsek Bulu dengan menyampaikan sosialisasi pada tempat usaha bengkel di wilayah Kecamatan Bulu, diantaranya yang berada di Bengkel milik Saudara Kamto yang beramatkan di Desa Kambangan Kulon RT 01/RW 01, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Minggu (25/2/2024) Siang.

Dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, Tim Patroli Polsek Bulu yang diawaki oleh Bripka Agus  dan Bhabinkamtibmas Bripka Eko Sulistyo pun menyampaikan sosialisasi tentang larangan penggunaan knalpot tak sesuai spesifikasi teknis kepada para pengelola usaha bengkel motor.

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan dapat dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda maksimal Rp. 250.000,00 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah),” terangnya.

“Berdasarkan pasal tersebut, maka penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis pun dianggap sebagai pelanggar aturan berlalu lintas, dengan mengacu juga pada ambang batas bising kendaraan bermotor yang diatur dalam Permen LHK Nomor 56 Tahun 2019,” lanjutnya.

Bripka Agus menjelaskan, selain melanggar aturan berlalu lintas, penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis juga berdampak pada terganggunya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas.

“Suara bising yang dihasilkan oleh knalpot tersebut sangatlah mengganggu konsentrasi para pengguna jalan lainnya dan berpotensi mengakibatkan gangguan kamseltibcar lalu lintas, serta berdampak juga pada kenyamanan dan ketenangan warga di kawasan pemukiman,” jelasnya.

Hal tersebut tentunya selaras dengan keresahan masyarakat tentang penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis yang sering diadukan kepada Polres Rembang selama ini, sehingga pihak kepolisian pun berupaya untuk menindaklanjutinya.

“Mari sebarkan sosialisasi ini kepada orang-orang di sekitar kita. Ingat, menjadi keren tidak lah harus menggunakan Knalpot yang tak sesuai dengan standar teknis melainkan lebih baik menjadi duta kamseltibcar lalu lintas yang tentunya tidak merugikan orang lain,” pungkasnya.

HUMAS POLRES REMBANG