Hindari Kecelakaan, Polres Rembang Dapat Sosialisasi Penggunaan Tabung Gas Elpiji dari Pertamina

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam penggunaan tabung gas elpiji. Kopena (Koperasi Pertamina) mengadakan sosialisasi tentang penggunaan dan perawatan tabung gas elpiji secara benar dan aman kepada para jajaran PJU dan personil Bintara Polres Rembang Polda Jateng, Selasa (28/11/2023).

Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H. melalui Kabag SDM Kompol A. Tyas Widya Aryani, S.Si.,S.I.K. menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan wawasan mengenai penggunaan tabung gas elpiji sesuai dengan prosedur yang benar sehingga akan aman dan tidak mengalami kebocoran yang bisa menyebabkan pemborosan atau lebih kepada terjadinya kecelakaan dan kebakaran.

Narasumber dari Kopena (Koperasi Pertamina) mengatakan bahwa dalam menggunakan regulator dan komponen lainnya, sebaiknya menggunakan standar SNI. Pastikan regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung elpiji terpasang dengan benar, sehingga bisa menghindar tekanan yang melebihi kekuatan tabung dan dapat terhindar dari resiko meledaknya tabung gas elpiji tersebut.

Narasumber mengatakan bahwa hal utama yang mengakibatkan ledakan dari tabung gas ialah karena adanya kebocoran disertai dengan percikan api dari stop kontak lampu atau listrik, oleh karena itu dijelaskan pada saat adanya kebocoran gas di larang untuk mematikan atau menghidupkan stop kontak listrik karena stop kontak listrik menciptakan percikan api kecil serta jarak antara tabung gas elpiji dan kompor sumbu jaraknya harus minimal 2 Meter.

Selain cara pemasangan regulator yang benar, para anggota juga diajarkan cara mengatasi atau memadamkan kebakaran pada tabung gas elpiji, apabila terjadinya kebocoran yang mengakibatkan kebakaran api pada selang atau regulator tabung gas jangan panik dan jangan pula berlari atau menutup regulator dengan kain basah, cukup mencabut regulator yang terpasang pada tabung gas elpiji maka api akan mati dengan sendirinya.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber mengatakan bahwa masih banyak para pengguna gas elpiji yang belum mengetahui cara penggunaan gas elpiji yang baik dan benar. Narasumber meminta pengguna gas elpiji memastikan kondisi tabung dan regulator dalam keadaan baik saat di gunakan. Pengontrolan secara ketat, ventilasi dapur juga mendukung kenyamanan saat menggunakan gas elpiji untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

HUMAS POLRES REMBANG