Progam Revitalisasi Situs Budaya & Agama Di Sambut Baik Oleh Tokoh Agama Guz Zaim

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Salah satu tokoh agama di Kabupaten Rembang K.H. Muhammad Zaim Ahmad Ma’shoem akrab di sapa Gus Zaim yang juga pengasuh pondok pesantren Kauman Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang menyambut baik terkait progam Polres Rembang Polda Jateng mengadakan Revitalisasi Situs Budaya dan Agama.

Siang ini, Selasa (20/06/2023) Polres Rembang melalui Kabag SDM Polres Rembang Kompol A. Tyas Widya Aryani, S.Si.,S.I.K. di dampingi Kasubbag Watpers Ipda Danang Anindito mengunjungi beliau di Ponpes Kauman Lasem Rembang.

Ketika ditanya terkait progam tersebut oleh Kabag SDM, Gus Zaim mengungkapkan Progam ini sangat baik untuk kelangsungan di masa mendatang. Terutama untuk salah satu situs cagar budaya dan agama Masjid Jami’ Baiturrahman Lasem.

Menurutnya, Situs budaya dan agama Masjid Jami’ Lasem memang perlu di lestarikan. Mengingat kelebihan dari masjid Jami’ Lasem yang dibangun di masa lampau dengan menggunakan desain yang notabene bukan hanya idientik dengan nuansa islami saja tetapi juga menggunakan budaya Hindu, minangkabau hingga Uzbekistan.

Seperti contoh Kubah masjid Jami’ menggunakan nuansa Hindu, lalu di tempat museum islam nusantara menggunakan budaya Minangkabau, hingga makam mbah sambu yang didesain dengan menggunakan arsitektur samarcand.

“ Walaupun desain yang di tampilkan bukan hanya dari nuansa Islami, menurut saya masjid Jami’ Lasem ini adalah ikon Toleransi yang sebenarnya,” imbuh Gus Zaim.

HUMAS POLRES REMBANG