Si Hukum Polres Rembang Gelar Sosialisai Penyuluhan Hukum Bahas Netralitas Pemilu hingga Gaya Hidup

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Polres Rembang Polda Jateng dalam hal ini Seksi Hukum menggelar kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum bagi personel, bertempat di Aula Sarja Arya Racana Mapolres Rembang, Rabu (17/05/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakapolres Kompol Joko Lelono, S.Sos.,M.H. dengan didampingi Kasi Hukum Ipda Agus Salim, S.H.

Adapun para pemateri dalam kegiatan itu, yakni Kasi Hukum Ipda Agus Salim, S.H., Ps. Kasubsiluhkum Aiptu Kusnandar, Ps. Kasubsibankum Aiptu Kuswiyarto, S.H. dan bamin Bripka Aurri Eko W.

Materi sosialisasi dan penyuluhan hukum yang disampaikan tersebut meliputi, Netralitas pegawai negeri pada Polri terkait gelaran Pemilu 2024 yang akan datang kemudian sosialisi terkait Peraturak Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2017 tentang kepemilikan yang tergolong mewah oleh pegawai negeri pada Polri.

Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H. melalui Kasi Hukum Ipda Agus Salim, S.H. mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum ini merupakan salah satu rencana kerja (renja) tahun anggaran 2023.

” Sosialisasi dan penyuluhan hukum ini bertujuan agar seluruh anggota Polri, khususnya personel Polres Rembang dapat memahami segala aturan perundangan-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Selain itu, sebut Agus, para personel juga dituntut untuk mampu mengimplementasikan aturan-aturan hukum dimaksud dalam melaksanakan tugas sehari harinya. Hal itu sebagaimana yang tertuang dalam amanah Pasal 13 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dijelaskannya pula, bahwa personel Polres Rembang yang juga merupakan bagian dari masyarakat umum, kiranya dapat mengimbau serta mengajak warga lainnya untuk mewujudkan dari pada kesadaran hukum yang lebih baik.

” Dengan begitu, kita semua bisa menyadari, menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga negara guna mewujudkan budaya hukum. Terutama dalam hal bersikap, berperilaku yang sadar, patuh, dan taat terhadap hukum serta menghormati hak asasi manusia,” jelas Agus.

HUMAS POLRES REMBANG