Kapolres Rembang Hadir Dalam Kegiatan Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Swalan

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kapolres Rembang Polda Jateng AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H. melakukan penanaman mangrove dan pohon pelindung di Pantai Swalan Desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang diadakan jajaran TNI di seluruh Indonesia dengan tema “Mangrove For Better Life” pada Selasa (16/05/2023).

“ Hari ini Polres Rembang bersama seluruh tamu dan undangan melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Pasarbanggi, dan kami sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena selain bermanfaat untuk menjaga ekosistem di pesisir pantai juga melindungi masyarakat daerah pesisir ini dari abrasi,” ungkap Kapolres.

Kapolres Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H. mengatakan, wilayah Pasarbanggi juga merupakan daerah garis pantai di Kabupaten Rembang, tanaman mangrovenya sering dirambah dan banyak mati. Karena itu kegiatan penanaman penghijauan merupakan salah satu langkah pencegahan demi mewujudkan dan menyelamatkan alam di Kabupaten Rembang khususnya di Pantai Swalan Pasarbanggi.

“ Penanaman pohon mangrove ini sebagai bentuk Kepedulian TNI dan Polri dan stakeholder terkait terhadap lingkungan dan antisipasi terjadinya abrasi di kawasan Pasarbanggi,” ucap Suryadi.

Lebih lanjut disampaikan Suryadi mengatakan bahwa selain sebagai program penghijauan dan mencegah abrasi, penanaman pohon Mangrove ini nantinya sebagai tempat berkembangnya ekosistem laut.

“ Hutan mangrove sangat berguna bagi lingkungan, diantaranya mencegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai, sebagai tempat hidup dan sumber makanan sejumlah fauna dan biota laut, menguraikan limbah dan menjaga kestabilan topografi wilayah pesisir,” pungkas Kapolres.

HUMAS POLRES REMBANG