Jum’at Berkah, Polsek Pancur Sediakan Warung Makan & Cukur Rambut Gratis

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Mapolsek Pancur Polres Rembang berhasil menjalankan program inovatif berbasis sosial kemasyarakatan.

Setiap Jumat, mereka membuka warung gratis yang berlokasi di sisi kanan halaman Maposlek Pancur. Setiap kali buka, sedikitnya 100 bungkus nasi ludes dinikmati masyarakat.

Bukan itu saja, di warung gratis Mapolsek Pancur juga membuka layanan potong rambut gratis kepada masyarakat.

Khusus program ini, Mapolsek menggandeng sebagai tukang potong rambur adalah pemilik Asfa Barbershop Sahal, yang merupakan anggota Banser Pancur.

Kapolsek Pancur Polres Rembang Iptu Ali Nur Mukit pada Jum’at (19/05) mengungkapkan, program warung gratis sudah berjalan tiga kali.

Pertama kali dibuka adalah Jumat sebelum Ramadan. Warung tutup selama Ramadan dan diganti dengan pembagian takjil. Warung kembali beraktivitas pada Jumat pekan lalu dan akan selalu beroperasi setiap Jumat mulai pukul 08.00-11.00 WIB.

Menurut Ali, siapa pun boleh datang ke warung gratis Polsek untuk menikmati makanan. Umumnya, yang datang ke warung gratis Mapolsek Pancur adalah para pekerja yang kebetulan bekerja di sekitar lingkungan.

Selain itu, ada juga para pengendara yang melihat keberadaan warung gratis itu sengaja berhenti.

“ Ini inisiasi dan inovasi dari Mapolsek Pancur. Siapa pun boleh datang, mau itu pengendara Innova, Pajero, silahkan mampir tiap Jum’at mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Namanya warung Jum’at Berkah,” terang Ali.

Ia mengungkapkan, sementara ini nasi bungkus dari personel Kepolisian Mapolsek Pancur.

Namun, Ali tidak menutup kemungkinan siapa saja yang ingin bersumbangsih untuk warung gratis tiap Jum’at.

“ Untuk lauk sederhana, ayam dan telor. Masyarakat juga kami sediakan air mineral. Bagi yang ingin kopi dan teh, kami juga ada air panas, gula dan kopi, bisa membuat sendiri,” papar Ali.

Relawan potong rambut di warung gratis Mapolsek Pancur, Sahal mengatakan, program ini merupakan lanjutan Safari Ramadan antara Polsek Pancur dan GP Ansor PAC Pancur.

Saat itu diawali dengan potong rambut gratis dan berbagi takjil.

“ Syukur bisa dilanjut dengan program Jum’at Berkah di Polsek Pancur. Saya pribadi dari dulu ingin mengadakan potong gratis tiap Jum’at pagi, kebetulan Pak Kapolsek Pancur menawari. Gayung bersambut, saya Insya Allah selalu siap asal tidak ada halangan,” papar Sahal.

HUMAS POLRES REMBANG