Latih Kesiapan Personil, Sat Samapta Polres Rembang gelar Latihan Pengendalian Massa

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Latih ketrampilan dan kesiapan Personil, Sat Samapta Polres Rembang gelar latihan Dalmas di Halaman Mapolres Rembang, Sabtu (4/9/2021) pagi.

Program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tehnik kepolisian ini dipimpin Kasat Samapta Iptu Sunarto bersama KBO Sat Samapta dan para Kepala Unit serta diikuti puluhan personil Sat Samapta Polres Rembang.

Sebelum pelatihan dimulai dilangsungkan apel persiapan yang dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Iptu Sunarto yang saat itu menyampaikan tentang perlunya pelatihan, sebagaimana dibentuknya Kompi Dalmas sesuai Perkap No. 16 tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.

Materi latihan diawali dengan drill dasar dan aplikasi tim negosiator menghadapi pengunjuk rasa.

Kemudian dilanjutkan dril dasar formasi dan gerakan Dalmas Awal sampai penggunaan tali Dalmas.

Selanjutnya disusul dengan dril dasar formasi dan gerakan lapis yang kemudian ganti gerakan Dalmas lanjut sampai tindakan tegas pencerai beraian massa yang anarkis menggunakan gas air mata.

Terakhir dilakukan pembubaran massa pengunjuk rasa yang melakukan tindakan anarkis.

Menurut Sunarto kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk menyiapkan personil saat terjadi unjuk rasa yang diluar kendali.

“ Pelatihan ini bukan pertama kalinya kami lakukan. Tujuannya agar saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan, personil sudah siap karena mereka terus berlatih,” ujarnya.

HUMAS POLRES REMBANG