Kapolres Rembang bersama Forkopimda Kembali Gelar Rakor penanganan Covid-19

REMBANG – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Upaya percepatan penanganan terhadap penyebaran pandemi Covid-19, Polres Rembang Polda Jateng menggelar kegiatan rapat koordinasi (Rakor) bersama lintas sektoral, Senin (21/06/2021).

Kegiatan Rakor tersebut digelar di Ruang Rapat Bupati Rembang yang diikuti oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz,  Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’, Dandim 1720/Rembang Letkol Kav. Donan Wahyu Sejati, S.Sos., dan Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si.

Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K.,M.Si mengatakan, Anev ( Analisa dan Evaluasi) secara berkala ini digelar dengan maksud, agar kita semua sama-sama mengetahui dampak yang ditimbulkan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta bagaimana upaya perkembangan penanganannya. Karena dukungan dari stake holder terkait dan seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rembang.

“Kami Bersama TNI-Polri, PoL PP, beserta Satgas Covid 19 Kabupaten Rembang terus berupaya turun ke lapangan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat supaya memenuhi standar WHO dalam rangka pencegahan Covid-19 ini,” kata Rongre.

Menurut Rongre, dengan adanya regulasi berupa Peraturan Pemerintah (PP) dan Keputusan Presiden (Kepres) tentang kedaruratan kesehatan dan telah dibagikan, dirinya meminta kepada semua pihak untuk tidak lagi memberikan alasan belum tahu atau tidak tahu sehingga himbauan pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan melakukan sosial maupun physical distancing belum dilakukan.

“Jangan menunggu gejala terjadi di sekitar kita baru kemudian bertindak. Kita disini bicara pencegahan bukan pengobatan karena pengobatan itu domain rumah sakit, sehingga dikesempatan ini saya juga mengundang pihak dinas Kesehatan agar dapat memberikan pencerahan tentang virus corona, “ ungkap Rongre.

Sementara itu, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz menjelaskan Virus Corona merupakan virus lama yang merupakan rantai tunggal RNA bukan DNA yang sangat mudah bermutasi menjadi virus baru Menjadi kesulitan saat ini baik di kabupaten,di Indonesia bahkan dunia menyadarkan masyarakat tentang pentingnya untuk selalu menaati Protokol Kesehatan,sehingga Kita dapat melakukan upaya agar masyarakat terhindar dari penyakit tersebut.

“Ketika seseorang terjangkit Covid-19, dia dapat menularkan virusnya kepada orang lain dengan cara bersentuhan atau kontak dengan benda yang sering disentuh, adapun gejala Covid-19 bermacam-macam dari ringan sampai berat diantaranya batuk, deman, pegal-pegal dan sesak,“ Jelasnya.

Hafidz mengatakan, Cara yang efektif untuk menghindari penyebaran Covid-19 dengan pola hidup sehat,mencuci tangan,mengkonsumsi vitamin dan melakukan sosial distancing dan physical distancing dan selalu menggunakan masker di setiap aktifitas maupun kegiatan,jadikanlah penggunaan masker dan mencuci tangan sebagai kebiasaan setiap beraktifitas sehari – hari,” Pungkasnya.

HUMAS POLRES REMBANG