Lima Desa Dirikan Posko Siaga Covid-19, Polres Rembang Berikan Bantuan Alat Semprot dan Cairan Dsinfektan

Polres Rembang – Sebagai upaya bersama untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Corona.

Pemerintahan Desa (Pemdes) Desa Kabongan Lor Kecamatan Rembang bersama komponen masyarakat setempat mendirikanPosko Siaga Covid-19 .

Kepala Desa Kabongan Lor Moch Taufiq Rochman menjelaskan Posko ini ada Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 tingkat desa dengan melibatkan para relawan yang berasal dari berbagai unsur masyarakat.

“Kita bentuk tim relawan Covid-19 melibatkan RT, RW, BPD,  tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan perangkat. Yang sudah kita lakukan adalah megedukasi warga untuk selalu mematuhi imbauan pemerintah baik cuci tangan, pakai masker serta menghindari kerumunan. Ini terbukti sangat efektif. Termasuk juga mendata warga yang pulang dari perantauan. Kita juga sudah siapkan Posko Covid-19” jelasnya

Pendirian posko tersebut merupakan inisiasi dari pihak Polres Rembang bekerja-sama dengan Pemerintah Desa Kabongan Lor.

Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto melalui Wakapolres Rembang Kompol Tamlikan, pendirian Posko Siaga Covid-19 atau Kampung Siaga Covid-19 untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Melalui Kampung Siaga, kita mendorong masyarakat ikut berpartisipasi secara penuh untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan Kampung Siaga, semua warga diharapkan peduli dan terlibat dalam pencegahan virus Corona. Jangan pernah lelah melawan Corona. Kita tidak boleh panik tapi harus tetap waspada,” ucapnya

Pihaknya mengapresiasi pembentukan Kampung Siaga Covid-19. Dengan begitu, seluruh komponen masayarakat dalam upaya menangkal penyebaran virus Corona sudah siap.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk penanggulangan Covid-19. Semua harus terlibat agar pandemi Corona segera berakhir,” tegasnya..

Ada lima desa di Kecamatan Rembang yang mendirikan posko serupa. Yakni, Desa Kabongan Lor, Waru, Mondoteko, Sumberjo, dan Desa Pulo.

Diharapkan desa yang lain segera melakukan hal yang sama guna memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Rembang.

Pada kesempatan itu, pihak Polres Rembang juga memberikan bantuan masker, alat cuci tangan, peralatan semprot, cairan disinfektan serta hand sanitizer kepada pihak Posko Penanggulangan Covid-19 Desa Kabongan Lor.