Jenazah Di Kalsel Kenakan Kaos Tiga Putra Rembang, Begini Penjelasan Lengkap Polisi

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Pihak otoritas keamanan laut (Kamla) di Kabupaten Rembang memastikan bahwa temuan jenazah korban yang menggunakan kaos bertuliskan Tiga Putra Rembang di Kalimantan Selatan adalah nelayan warga Kabupaten Rembang.

Kepala Satpol Air Polres Rembang, Polda Jateng Iptu Sukamto, Sabtu pagi (18 Mei 2019) membenarkan jenazah pria itu teridentifikasi atas nama Edi Kustiyono (28 tahun), warga RT 03 RW 01 Desa Grawan Kecamatan Sumber. Pihaknya sempat dikontak oleh aparat kepolisian dari Kalimantan Selatan, bahwa jenazah ditemukan di pinggir pesisir pantai daerah Kampung Laut, Kalimantan Selatan. Setelah itu, pengurus paguyuban kapal bersama kepala desa, nahkoda, berangkat ke Kalimantan Selatan, untuk mengurus pemulangan jenazah.

“Jadi Kasat Polair kontak ke kami, begitu tahu jenazah mengenakan kaos bertuliskan identitas Rembang. Lha kebetulan pak giyanto dari pengurus paguyuban kapal di Tasikagung sini lapor ke kita. Data-data dicocokkan, ternyata memang benar. Korban itu adalah Edi Kustiyono. Untuk waktu kapan jenazah tiba di Rembang, kita masih nunggu perkembangan informasi, “ terangnya.

Menurut data yang dikumpulkan, kala itu pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 sekira pukul 10.00 Wib, kapal KM Sumber Makmur berbobot 63 Gross Ton mencari ikan di sekitar perairan Pulau Masalembu, Madura. Korban kebetulan sedang makan di atas tumpukan tali pada bagian belakang kapal atau buritan. Tidak ada saksi yang melihat, bagaimana kronologis korban hilang. Tapi diduga yang bersangkutan terjatuh, saat kapal dalam posisi melaju. Upaya pencarian sudah dilakukan, namun tidak ketemu. Barulah seminggu kemudian, muncul informasi jenazah Edi terdampar di Kalimantan Selatan.

Perwakilan pengurus kapal sendiri sudah menemui isteri korban di Desa Grawan, Kecamatan Sumber, menyampaikan bela sungkawa sekaligus menyerahkan uang santunan. Almarhum Edi Kustiyono saat ini mempunyai seorang anak.