Sat Pol Air Polres Rembang Kawal Larung Sesaji Dalam Rangka Sedekah Laut Desa

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Acara tradisi sedekah laut rutin dilaksanakan setiap tahun di Desa Kabongan Lor Rembang. Sedeklah laut selain melarung nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, hasil bumi juga kepala kerbau, hal ini dimaksudkan agar para nelayan dalam melaut diberikan keselamatan oleh Allah Swt,  terhindar dari musibah kecelakaan di laut dan  mendapat hasil yang melimpah, untuk menambah kesejahteraan para nelayan.

Acara larung Sesaji mendapat pengamanan oleh petugas dari Sat Pol Air Polres Rembang dilaksanakan pada hari Minggu (28/4/2019) dimulai pukul 10.00 Wib di Desa pantai Desa Kabongan Lor.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh KBO Sat Pol Air Polres Rembang Ipda Jumino bersama anggota Sat Pol air ,Bhabinkamtibmas serta warga dan para nelayan di desa itu .

Yang menambah suasana lebih sakral adalah pada saat pelaksanaan larung sesaji ke tengah laut,   kelompok karawitan/ gamelan mengiringi dengan  membawakan gending-gending jawa, yang mana hal ini sudah sangat jarang kita temukan.

Dari kejauhan nampak kapal para nelayan yang dihias sedemikian rupa seperti akan dilombakan, hal ini menambah daya tarik para pengunjung yang ingin menyaksikan acara sakral tersebut.

Pada saat pelepasan sedekah laut Patroli Sat Pol Air Polres Rembang dengan menggunakan kapal patroli Pol Air mengawal kapal nelayan yang membawa sesaji ke tengah lautan, diikuti oleh 50 kapal nelayan.

Acara Sedekah Laut selain diharapkan membawa berkah bagi para nelayan, ternyata acara rutin ini juga membawa berkah tersendiri bagi para pedagang yang saat itu berjualan di lokasi tersebut. ucap Ipda Jemino.