Polwan Polres Rembang Ikut Kirab Pataka, Meriahkan Gema Kartini 2019

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Kata – kata mutiara Raden Ayu Kartini kembali dikirab mulai dari  museum sampai makam Kartini di Bulu, Sabtu  (20/4/2019) malam. Kirab pataka yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang itu diikuti oleh warga Rembang dari berbagai instansi,organisasi ,komunitas, pelajar dan salah satunya adalah Pleton Polwan Polres Rembang.

Kirab diawali pementasan tari Sang Kartini dengan   prosesi pengambilan bendera yang bertuliskan kata-kata mutiara yang terpilih. Selanjutnya Istri Bupati Hj.Hasiroh Hafidz mengambil dua bendera pataka yang masing-masing bertuliskan kata-kata mutiara Kartini dan wajah Kartini setelah itu diserahkan kepada  Bupati Rembang H.Abdul Hafidz dan dipasangkan ke tiang bendera untuk dikirab.

Ratusan pengiring yang berjalan kaki . Dari sebagian mereka juga membawa sejumlah lampion dengan berbagai bentuk dan gambar wajah Pahlawan emansipasi wanita Kartini.

Bupati seusai memberangkat kirab mengatakan kirab pataka merupakan prosesi yang sakral. Menggambarkan ketika RA Kartini saat disemayamkan dulu yang diiring oleh banyak orang.

Karena ketokohan RA Kartini inilah masyarakat merasa ngiring jenazahnya ibu Kartini. Dan mengenang semangat yang diwariskan, termasuk makna dari kata-kata mutiara yang dikirab,ujarnya.

Rute kirab pataka sendiri mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari Polres Rembang mulai start pukul 19 30 WIB dari museum RA Kartini – jalan HOS Cokroaminoto – jalan. Kartini – jalan Pemuda – jalan raya Rembang Blora – Finish makam RA Kartini Desa Mantingan Kecamatan Bulu Kabupaten  Rembang.. Ada tiga pos yang menjadi titik estafet , yakni pos galonan  pos kedua di Kecamatan Sulang dan pos di Bulu serta finish untuk disemayamkan semalam makam RA Kartini. Sampai saat ini kirab  masih berlangsung.

Kabag Ops Polres Rembang Kompol Yohan Setiajid mengatakan personil Polres Rembang di gelar di jalan jalan yang di menjadi Rute  Kirab Pataka Kartini dan napak tilas  dengan   melaksanakan patroli, pengawalan, pengamanan dan pam rute dari awal acara sampai dengan selesai pelaksanaan kirab Pataka dan Napak Tilas, ucap Kompol Yohan.