Polres Rembang Gelar Apel Pergeseran Pasukan Untuk PAM Pemilu 2019

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Kepolisian Resor Rembang menggelar apel pergeseran pasukan dalam rangka  pengamanan TPS Pemilu Legsilatif dan Pemilu Presiden 2019 diwilayah hukum Polres Rembang  yang dilaksanakan di halaman Polres Rembang, Senin (15/4/2019).

Apel Pergeseran pasukan tersebut dihadiri oleh Bupati Rembang, Dandim 0720, Kasat Pol PP Kabupaten Rembang, Ketua KPU , Ketua Bawaslu  serta diikuti oleh personil Polri dan TNI yang terlibat pengamanan TPS dan Linmas.

Kapolres  Rembang  AKBP Pungky Bhuana Santoso  dalam sambutanya membacakan amanat Kapolda Jawa Tengah mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pada tahap pemungutan dan penghitungan suara sehingga pemilu tahun 2019 dapat terselenggara dengan aman, damai dan kondusif. “Untuk menjamin proses demokrasi berjalan dengan aman, damai dan kondusif serta mengantisipasi terjadinya konflik yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu, maka sejumlah personel Polri akan digeser ke beberapa wilayah dalam rangka pengamanan TPS pada tahap pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2019” tambah Kapolres .

Pada tahap pemungutan dan penghitungan suara ini, pengamanan penuh akan digelar untuk itu Kapolres menekankan kepada seluruh peserta apel agar mempersiapkan diri dengan sebaik – baiknya dengan segera identifikasi dan antisipasi terhadap setiap kerawanan yang sewaktu – waktu bisa muncul karena setiap daerah memiliki potensi kerawanan yang berbeda sehingga dapat mengatasi gangguan kamtibmas secara cepat dan tepat.

Dalam kesempatan tersebut  Kapolres menekankan netralitas anggota Polri dan TNI dalam pengamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019. “Seluruh anggota Polri dan TNI harus bersikap netral serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas pada saat pelaksanaan tugas di lapangan” pungkas Kapolres.

Pada Pilpres dan Pileg tahun ini Polres Rembang  menurunkan personil pengamanan sejumlah 550 personil gabungan Polres dan Polsek jajaran dengan ditambah BKO dari Polda jawa tengah 25 personil serta Brimob 20 personil untuk mengamankan  595 personil diseluruh wilayah Kabupaten Rembang.