Urkes Polres Rembang Cek Kondisi Kesehatan Tahanan

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang –  Polda Jateng – Sebagai langkah antisipasi dan untuk mengetahui kondisi kesahatan para tahanan, Sat Tahti  bersama Tim Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Rembang Polda Jateng melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tahanan yang ada di ruang tahanan Polres Rembang , pada selasa (22/01/2019) pagi.

Tak hanya memeriksa kesehatan tahanan, sejumlah sudut ruangan juga di periksa guna mengantisipasi hal yang tidak di inginkan. Satu per satu tahanan maupun ruangan diperiksa secara teliti. Masing-masing tahanan dilihat kondisi kesehatannya.

Kasat Tahti Polres Rembang Polda Jateng Iptu Supriyono mengatakan, tak hanya kesehatan para tahanan yang setiap harinya di cek oleh Urkes Polres Rembang, ruang masing-masing tahanan juga tidak luput dari pemeriksaan, termasuk beberapa barang yang berada di dalam ruangan. Semua dilakukan pengecekan dan diperiksa sebagai antisipasi masuknya barang terlarang seperti narkoba, rokok, korek api, handphone dan berbagai alat yang dimungkinkan dapat membahayakan tahanan selama berada di ruangan.

Pemeriksaan ruang tahanan dan kesehatannya sudah rutin dilakukan karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Pemeriksaan dan pengecekan selain saat serah terima, juga rutin dilakukan setiap jam oleh petugas jaga tahanan, kata Iptu Supriyono.

Menurutnya selama berada di ruang tahanan, para petugas melakukan pemeriksaan secara penuh. Tak hanya itu para petugas juga memberikan hak-hak hidup para tersangka dalam tindak pidana secara layak dipenuhi, seperti beribadah, makan dan minum, serta pelayanan kesehatan dan perawatan fisik lainya seperti berolah raga. Bahkan kebutuhan siraman rohani dengan pembinaan mental rohani sehingga nantinya mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Meskipun mereka adalah tahanan, atau orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat maka dari itu laksanakan pemeriksaan. Dan memberikan sejumlah himbauan agar mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi. Imbuhnya

Selain itu, lanjut Supriyono langkah ini dilakukan sebagai antisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. Melalui pengecekan dan pengawasan secara rutin dan terus menerus yang dilakukan anggota jaga tahanan Polres Rembang  ini diharapkan dapat mempersempit ruang gerak tahanan sekaligus memantau setiap aktifitas tahanan selama berada di dalam ruangan.

Alhamdulillah, jumlah lengkap dan dalam kondisi sehat. Semoga apa yang kami lakukan ini berdampak positif dan merupakan suatu bentuk usaha antisipasi agar tidak terjadi apa yang tidak kita inginkan bersama, pungkasnya