Breaking News

Polisi di Rembang Mendadak Datangi Garasi Bus, Dua Hal Ini Yang Mereka Lakukan

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Rembang -Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Rembang, Jum’at pagi (28 Desember 2018) mendatangi garasi bus PO. Subur Jaya di Jl. Pemuda Rembang. Ada dua hal yang mereka lakukan, yakni mengecek kelaikan kendaraan bus dan memeriksa kondisi kesehatan para pengemudi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang, AKP Roy Irawan menjelaskan tidak hanya armada bus nya saja yang dipastikan laik jalan, tetapi sopir juga harus bebas Narkoba dan sehat.

Untuk kelaikan bus, kami menggandeng rekan dari Dinas Perhubungan, sedangkan cek Narkoba dan kesehatan, ini ada dari Dokkes Polres, “ tuturnya.

AKP Roy Irawan menambahkan belasan sopir diminta buang air kecil dulu, kemudian sample urinenya dites dengan peralatan khusus. Jika muncul tanda garis setrip dua, berarti negatif Narkoba. Begitu setrip hanya satu, maka positif mengkonsumsi Narkoba. Menurutnya, pemeriksaan seperti ini dilakukan secara acak dan mendadak waktunya. Sampai pemeriksaan selesai, tidak ditemukan sopir yang menggunakan Narkoba.

Kalau ketahuan positif, ya tentu kami akan minta sama manajemen bus, untuk tidak menggunakan sopir itu. Kami juga akan koordinasi sama Sat Reserse Narkoba untuk diperiksa lebih lanjut, apakah yang bersangkutan hanya pengguna atau pengedar, “ imbuh Kasat Lantas.

Sementara itu, salah satu sopir bus PO. Subur Jaya, Suwandi menganggap inspeksi mendadak dilanjutkan pemeriksaan, justru dirinya merasa terbantu, bisa mengetahui kondisi kesehatannya. Terkait Narkoba, ia memastikan tak pernah coba – coba barang haram tersebut. Baginya kalau mengantuk saat mengemudi, tinggal berhenti istirahat.

Ya seneng mas, bisa tahu tensi darah juga kan. Kalau saya selama ini alamiah saja. Pas ngantuk, ya minggir berhenti. Paling banter ya ngopi. Hampir tiap hari jalan nyetir ini. Rata – rata ke Malang, Bali, Jogja, Bandung, tempat – tempat wisata pokoknya, “ kata Suwandi.

Pengecekan kelaikan kendaraan dan tes bebas Narkoba pengemudi semacam ini, rencananya akan dilanjutkan di garasi bus lain maupun terminal

 

Lihat juga artikel berikut