Polres Rembang Amankan Final Festival Thong-thong Lek 2018

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id/ Rembang – Anggota Polres Rembang diterjunkan untuk mengamankan babak final Festival Thong-thong Lek 2018 di Kabupaten Rembang sudah diputuskan, Rabu (13/6/2018) dini hari.

Sepuluh dari 26 peserta yang lolos ke babak final adalah New Ganepa Gegunung Kulon, Guwe Gegunung Wetan, Al Buser Grajen Sumberjo, Bango Ngotet, New Gankfrat dan Al Densa Waru.

Kemudian, Gondorase Banyudono, Muncar Pacar, New Elben Pendem Gunungsari, dan Bobota Family Tawangsari.

Kesepuluh peserta itu di adu penampilan terakhir pada Rabu (13/6/2018) malam di halaman Stadion Krida Rembang.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Puji Purwati menjelaskan, dewan juri menilai aransemen, vokal, dan penampilan tiap peserta.

Dewan jurinya seorang dosen seni dari Pati dan dua pegiat seni dari Universitas Negeri Semarang, sehingga dibilang kompeten.Yang dari Dinbudpar cuma sebagai pengawas, katanya.

Selain soal berjalannya festival, pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang menorehkan beberapa catatan.

Di antaranya, menyangkut membeludaknya penonton hingga memakan porsi jalan untuk peserta festival, sehingga malah mengganggu.

Selain itu, menurutnya, juga terkait sampah. Sampah berceceran di sepanjang Jalan Pemuda, Kartini, dan ruas pangkal Jalan Soetomo.

Puji menyatakan sudah memberikan imbauan kepada pengunjung agar membuang sampah pada tempatnya.

Namun, ia mengaku kesulitan mengendalikan pengunjung yang tumplak di jalanan.

Sementara itu, pada babak final, panitia memberikan hadiah uang Rp5juta bagi juara pertama, Rp4juta untuk juara kedua, dan Rp3juta untuk juara ketiga.

Sementara bagi juara harapan pertama, kedua, dan ketiga, panitia memberikan hadiah uang masing-masing dua juta rupiah.

Polres Rembang menerjunkan 25 Pesonil untuk mengamankan dan mengatur lalu lintas dalam  giat final Festival Thong-thong Lek 2018 yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Yohan Setiajid . Alhamdulilah kegiatan berjalan aman dan lancar , terang Kompol Yohan S