Safari Ramadhan Kapolri Jendral Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian,M.A,Ph.D di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang

Tribratanewsrembang.com, Rembang  – Kapolri Jenderal  Polisi  Drs H M Tito Karnavian, MA , Ph D menggelar safari Ramadhan di Rembang – Jawa Tengah (Jateng). Kegiatan tersebut  digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Raudlatut Tholibin di Leteh, Kabupaten Rembang, Jateng, Selasa (6/6).

Hadir mendampingi  Kapolri  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Kasdam IV Diponegoro Brigjend Sabrar Fadilah.

Kedatangan Kapolri  disambut oleh pengasuh sekaligus pimpinan Ponpes Radhlatul Thalibin KH Mustofa Bisri yang akrab disapa Gus Mus dan ulama kharismatik tokoh NU KH Maemun Zubair  pinpinan Ponpes  Al  -Anwar  Sarang, Rembang.

Gus Mus sebagai tuan rumah mengatakan, sangat berbahagia atas digelarnya safari Ramadan yang pertama kalinya oleh orang nomor satu di tubuh Polri di Ponpes yang diasuhnya.

Mudah-mudahan kita bersama diberi kekuatan lahir batin untuk kejayaan dan persatuan negara kita Indonesia, kata Gus Mus.

Gus Mus juga meminta maaf jika Ponpesnya yang awalnya dalam kondisi sederhana ditata sedemikian rupa sehingga terkesan mewah. Semua itu ditata oleh anggota Polres Rembang yang dipimpin langsung oleh Kapolres Rembang AKBP Sugiarto SH SIK MSi

Mohon maaf ini sudah disulap anak buah panjenengan (Kapolri) yang  dipimpin langsung oleh Kapolresnya. ujarnya.

Kapolri  dalam safari Ramadhan  tersebut mengatakan, jika dirinya selama menjadi pejabat di Polri sangat ingin bertemu dengan Gus Mus yang namanya sudah menasional.

Nama Gus Mus sudah menasional pingin sekali saya ketemu. Dulu zaman Kapolres, Kapolda rasanya belum satu level. Lalu saya sudah jadi Kapolri saya berani ke sini Gus Mus. Datang ke sini, diterima sambutan yang hangat, ada karpet merah lagi meski karpet dari Polres (Rembang), ujar dia.

Menurut  Kapolri  di bulan Ramadan ini untuk pertama kalinya ingin mendekatkan diri dengan komunitas muslim. Sebelumnya, dirinya di minggu pertama bulan Ramadan telah mengikuti berbagai kegiatan resmi kenegaraan.

Ini bulan baik, bulan suci Ramadan waktu sangat tepat mendekatkan diri komunitas muslim. Minggu kemarin saya habiskan waktu seremonial. Acara pak presiden, buka puasa bersama. Kemudian di rumah MPR, DPR dan lain-lain. Sebagai Kapolri tidak cukup hanya di Jakarta. Kapolda ada, cukup di situ. Kapolri juga  harus mutar-mutar, ujarnya.

Kapolri  mengaku sangat ingin bercengkrama dan beriskusi dengan beberapa ulama dan tokoh muslim di Jateng termasuk dua ulama yaitu Gus Mus yang merupakan ulama menyejukan dan KH Maemun Zuber ulama kharismatik dan sesepuh tokoh NU.

Selama acara berlangsung, ribuan  peserta safari Ramadan yang terdiri dari ratusan santri Ponpes Radhlatul Thalibin, anggota Polri dan TNI dengan seksama mengikuti ceramah keagamaan siraman rohani dari KH Maimun Zuber pimpinan Ponpes al- Anawar, Sarang, Kabupaten Rembang, Jateng.

Usai ceramah dilanjudkan  buka bersama dan salat Maghrib. Kemudian untuk selanjutnya dilanjutkan dengan shalat tarawih bersama sebagai acara penutup dari safari Ramadan Kapolri  menyampaikan rilis kepada sejumlah media cetak maupun elektronik