Tiga Traffic Light Tidak Berfungsi Efektif

Tribratanewsrembang.com /Rembang,Jawa Tengah,tiga rambu traffic light alias lampu bangjo yang berada di timur Kabupaten Rembang selama ini tidak berfungsi secara efektif. Pasalnya, meskipun sudah cukup lama terpasang namun masih saja banyak pengendara yang tidak mentaati rambu-rambu tersebut.
Tiga traffic light yang selama ini seolah tidak dianggap oleh pengendara dua di antaranya berada di Jalur Pantura, yaitu di pertigaan Pasar Sarang, pertigaan Pandangan Kragan. Satu traffic light lagi yang juga kerap dilanggar adalah pertigaan Koramil Pamotan. Traffic light di Pasar Sarang, kerap dilanggar oleh pengendara sepeda motor, sepeda motor roda tiga serta andong. Biasanya mereka melanggar saat melintas dari arah pasar menuju timur atau barat.
Tak pelak, ulah dari sebagian pengendara tersebut justru menimbulkan kemacetan dan potensi kecelakaan. Kondisi itu juga diperparah masoh banyaknya angkutan umum, seperti bus mini yang sengaja berhenti lama di pertigaan. Di pertigaan Koramil Pamotan, pengendara dari arah Lasem dan Sedan juga kerap tidak menggubris adanya lampu merah yang menyala. Pelanggaran didominasi oleh kendaraan roda dua.
Sementara itu, traffic light di pertigaan Pandangan sampai saat ini masih belum difungsikan. Padahal, rambu tersebut sudah sebulan lebih dipasang oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rembang. Akibatnya, lokasi tersebut masih kerap semerawut oleh lalu-lalang kendaraan dari tiga arah. Bahkan, baru-baru ini terjadi kecelakaan yang menyebabkan korban tewas akibat belum normalnya keberadaan traffic light di sana.
Kepala Dishub Kabupaten Rembang, Suyono mengatakan, banyak kendala yang menyebabkan tiga traffic light tersebut kerap dilanggar. Faktor utamanya adalah minimnya kesadaran masyarakat untuk mentaati aturan lalu-lintas. “Di Pandangan, kami sudah beberapa kali uji coba. Namun, masyarakat masih belum terbiasa dan justru menimbulkan bahaya kecelakaan. Ini sementara belum kami fungsikan karena masih tahap sosialisasi. Akhir bulan ini akan diujicoba kembali
Kapolres Rembang AKBP Sugiarto,SH,SIK,M.Si melalui Kasatlantas Polres Rembang, AKP Rikha Zulkaranen menyatakan, pihaknya sudah kerap melakukan penindakan terhadap pengendara yang melanggar traffic light. tingkat kesadaran warga terhadap aturan lalu-lintas masih rendah. Menurutnya, untuk menempatkan petugas di lokasi-lokasi tersebut sementara ini juga terbentur dengan jumlah personel. Sehingga, pihaknya lebih mengefektifkan kegiatan patroli lintas kecamatan untuk meminimalisir pelanggaran.