Kapolres Rembang Resmikan Rumah Kantor Bhabinkamtibmas Desa Kuangsan Kec Kaliori Kabupaten Rembang

 

Tribratanewsrembang.com/Rumah Kantor (Rukan) Bhabinkamtibmas merupakan salah satu program pimpinan Polri agar makin mendekatkan anggotanya kepada masyarakat. Terkait fungsi pembinaan sekaligus untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Program ini diberdayakan hingga tingkat Polsek sebagai ujung tombak Kepolisian. Dengan adanya rumah kantor, diharapkan polisi harus bisa melayani masyarakat hingga ke area permukiman.
Adanya Rumah Kantor tersebut juga untuk meringankan kendala petugas di lapangan meliputi transportasi, kontrakan rumah dan sebagainya, sehingga Bhabinkamtibmas yang bertugas di suatu wilayah bisa fokus dalam melayani masyarakat terutama dalam hal pencegahan terhadap gangguan kamtibmas. Selain itu, deteksi dini terhadap suatu masalah untuk menjaga warganya ini menjadi yang utama yang harus dilakukan, daripada penindakan setelah masalah terjadi. Kehadiran polisi di tengah masyarakat, sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo yang dikenal dengan Nawacita.
Membahas tentang Rukan, tadi malam Minggu (22/1/2017) Pukul 19.00 Wib , Kapolres Rembang AKBP Sugiarto,SH SIK,M.Si meresmikan Rukan Bhabinkamtibmas Desa Kuangsan Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang . Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkompimda , Pejabat utama Polres Rembang, Kapolsek jajaran , Kades Kuangsan beserta perangkat, Bpk Nur Sahid serta Toga, Tomas Desa Kuangsan Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang., Muspika Kaliori dan perwakilan Bhabinkamtibmas , Saat memberikan sambutannya, Kapolres Rembang memberikan apresiasinya kepada segenap pihak yang telah membantu terwujudnya pembangunan Rukan tersebut dalam rangka mengoptimalkan pelayanan Polri kepada masyarakat.
Kami atas nama Polres Rembang mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada segenap pihak terutama kepada Bapak Nur Sahit yang telah menghibahkan rumah dan tanah serta memberikan sumbangsihnya hingga rumah /kantor Bhabinkamtibmas Desa Kuangsan Kecamatan Kaliori ini memiliki rumah sekaligus kantor untuk melayani masyarakat,untuk Rumah Kantor Bhabinkamtibmas ini dan baru satu-satunya di wilayah Polda Jawa Tengah .
Dengan berdirinya rumah / kantor Bhabinkamtibmas ini nantinya bisa digunakan untuk masyarakat seperti Pos Kamling, main catur, kumpul-kumpul warga dan sebagainya karena Rumah kantor Bhabinkamtibmas ini dari masyarakat untuk melayani masyarakat,” ujar Kapolres Rembang mengawali sambutannya.
Kapolres menjelaskan, maksud dan tujuan diresmikannya Rukan itu juga untuk mempermudah warga dalam mengadu atau melapor permasalahan yang tergolong bisa diselesaikan secara musyawarah dan tidak harus diputus di Pengadilan. Pengadu atau pelapor bisa langsung melapor ke Rukan sehingga terjalin sinergitas tugas Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades dan Kecamatan dalam penanganan permasalahan kamtibmas
Semoga keberadaan Rukan ini mampu memberikan kontribusi nyata bagi segenap kepentingan masyarakat,” pungkas Kapolres
Dalam Peresmian rumah kantor Bhabinkamtibmas tadi malam Kapolres Rembang juga memperkenalkan petugas Bhabinkamtibmas adalah Bripda Deni yang warga asli Desa Kuangsan Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Kita semua berharap supaya Bripda Deni bisa melayani masyarakat dengan baik dan sesuai dengan keinginan masyarakat .
Peresmian rumah kantor Bhabinkamtibmas di Desa Kuangsan Kec Kaliori ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita bukti resmi rumah kantor Bhabinkamibmas resmi di dunakan untuk melayani masyarakat
Kegiatan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh Ki Dalang Sigit dengan lakon “ONTOSENO GUGAT”