9 Hari Operasi Zebra Candi 2016 Sat Lantas Polres Rembang Tercatat 1.331 Pelanggaran

Tribratanewsrembang.com/- Rembang,Jawa Tengah ,selama sembilan( 9) hari pelaksanaan Operasi Zebra 2016 tercatat 1.331 pelanggaran yang dilakukan pengendara dan pengemudi kendaraan bermotor di Kabupaten Rembang.
Jumlah itu terjadi pada 16-24 November 2016. Berdasarkan data dari Satlantas Polres Rembang, terdapat lima jenis pelanggaran yang dilakukan pengendara dan pengemudi kendaraan hingga sembilan hari pelaksanaan Operasi Zebra. Terbanyak adalah tidak menggunakan helm, yakni 673 pengendara. Selanjutnya , melawan arus lalu lintas sebanyak 116 pengendara.
Tidak memasang sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih 118 pengendara. Penggunakan knalpot yang tidak sesuai 7 pengendara, serta pelanggaran terhadap rambu dan marka jalan 374 pengendara. Petugas Satlantas juga memberikan teguran terhadap 250 pengendara yang kedapatan akan melanggar peraturan lalu lintas. Sejauh ini belum ditemukan pelanggaran batas muatan dan kelengkapan kendaraan bermotor.
Kapolres Rembang AKBP Sugiarto,SH,SIK,M.Si. melalui Kasat Lantas Polres Rembang AKP Rikha Zulkarnaen mengatakan ‘’Pelanggaran tidak menggunakan helm paling banyak, dan pelanggaran melawan arus paling sedikit,” kata Kasatlantas Polres Rembang, hingga hari ke-9 pelaksanaan Operasi Zebra 2016 pihaknya mencatat sedikitnya terjadi enam kasus kecelakaan lalu lintas. Semua kasus tersebut tidak sampai merenggut korban jiwa.
10 orang menjadi korban dan mengalami luka ringan. Kerugian material atas kecelakaan tersebut Rp 4,5 juta. ‘’Sejauh ini tidak ada kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia atau luka berat. Hanya 10 orang luka ringan dari enam kasus kecelakaan.’’
Pelaksanaan Operasi Zebra 2016 berlangsung 16- 29 November 2016. Ada tiga jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama penindakan dalam operasi tersebut, yakni pelanggaran rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan, dan melawan arus lalu lintas