Polres Rembang Gelar Operasi Patuh Candi 2020

Polres Rembang – Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Rembang – Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto, S.H., S.I.K., M.H, memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2020 Polres Rembang  di Aula Mapolres, Kamis (23/7/2020).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Kompol Tamlikan, S.H., para pejabat utama Polres, Kapolsek jajaran, para Kanit/Kasi serta anggota Polres.

Kapolres Rembang mengungkapkan, Polri kembali menggelar Operasi Patuh Candi 2020. Namun kegiatan pada tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Mereka tidak hanya menertibkan para pelanggar, tapi juga menerapkan protokol kesehatan.

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya Operasi Patuh Candi 2020 digelar di tengah pandemi covid-19 dan digelar mulai 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 mendatang. Operasi ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Kapolres menambahkan, dalam operasi Patuh Candi 2020 kali ini, ada tiga sasaran utama, yakni pelanggaran helm, melawan arus, kelengkapan kendaraan dan pelanggaran dominan di Polres masing-masing.

Kendati demikian, lanjut Kapolres Rembang, petugas mengutamakan pencegahan dan edukasi terlebih dahulu.Namun pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas akan ditindak.

“Selebihnya berupa teguran, sosialisasi, dan ajakan untuk menaati aturan lalu lintas.Operasi sekarang ini berbeda. Kegiatan dilaksanakan fokus untuk mendisiplinkan masyarakat, menaati aturan lalu lintas dan mendisiplinkan menaati protokol kesehatan, guna antisipasi penyebaran covid-19,” lanjut Kapolres.

Ada pun prioritas tindakan operasi tahun ini, tindakan preemtif 40 persen, preventif 40 persen dan penegakkan hukum 20 persen.

Kapolres menambahkan, tujuan utama Operasi Patuh Candi 2020 kali ini adalah, untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban baik dalam berlalu lintas maupun dalam penerapan protokol kesehatan, terkait penyebaran virus corona.

Kepada masyarakat Kabupaten Rembang, AKBP Dolly A Primanto, S.H., S.I.K., M.H berpesan, untuk selalu disiplin baik dalam berlalu lintas maupun dalam menerapkan protokol kesehatan.

”Mari kita selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, demi terciptanya keselamatan di jalan, serta aman dari covid-19,” tandas Kapolres Rembang.