Cek Pos Pam Perbatasan Jateng-Jatim di Rembang,Wakapolda Jateng Berikan Motivasi Anggota

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Rembang –  Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Tengah, Brigjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K, melakukan pengecekan di pos pam perbatasan Provinsi Jawa Tengah – Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang.

Kunjungan Wakapolda Jateng dan rombongan dilakukan dalam rangka Ops Ketupat Candi 2020 dan pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19. Dalam kunjungan tersebut Wakapolda di dampingi oleh Dirsabhara Polda Jateng Kombes Pol Herry Purnomo dan Kabid Propam Kombes Pol Mukiya, S.Pd.I pada Kamis, (30/04/2020).

Kedatangan Wakapolda disambut oleh Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto, S.H., S.I.K., M.H, Dandim 0720/Rembang Letkol Arh Andi Budi Sulistianto, S.Sos, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, dan Kepala DKK Kab. Rembang Ali Shofi’i.

Kepada petugas gabungan yang melaksanakan tugas di pos pam, Wakapolda berpesan dalam melaksanakan tugas, terutama dalam antisipasi pemudik, agar mengutamakan tindakan persuasif humanis dengan mengedepankan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait larangan mudik dari pemerintah, dengan tujuan untuk memutus penyebaran covid-19.

Kapolda juga meminta anggota memberikan pelayanan terbaik, agar masyarakat mengerti sehingga timbul empati kepada petugas dan melaksanakan himbauan dari petugas pos pam. “Cara bertindak yang bisa kita lakukan adalah preventif menghimbau para pemudik untuk kembali, kepada jajaran lalu lintas saya ingin amankan dulu personil kita, lihat dulu masyarakat kita, apakah mereka pakai APD (masker, sarung tangan dll) baru kita dekati dengan SOP kesehatan, amankan anggota dulu baru kita lakukan himbauan pada masyarakat.” kata Wakapolda Jateng.

Dalam kunjungannya tersebut, Wakapolda Jateng melakukan pengecekan pos pam beserta fasilitas perlengkapannya, termasuk keberadaan panel data, dan kesiapan petugas dalam melakukan penyekatan di wilayah perbatasan. Selain memantau dan melakukan pengecekan situasi di perbatasan, Wakapolda juga menyerahkan paket sembako dan makanan kepada petugas Pos Pam terpadu di perbatasan Jawa Tengah – Jawa Timur tersebut.

Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto, S.H., S.I.K., M.H, mengungkapkan bahwa pihaknya beserta jajaran akan melaksanakan petunjuk dari Wakapolda, terutama dalam antisipasi pemudik, sehingga dapat mencegah penyebaran covid-19. Kapolres Rembang juga menyampaikan sampai dengan tanggal 24 April 2020 sudah ada 60 kendaraan yang diminta putar balik.