Patroli Sosialisasi Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Wilayah Rembang, Polisi Bubarkan Kerumunan Warga

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid -19 Polres Rembang menggelar patroli keliling melakukan sosialisasi cara pencegahan virus mematikan kepada masyarakat Senin malam (23/03/2020).

Patroli sosialisasi langsung dipimpin oleh Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto. Dalam patroli sosialisasi malam itu ,setiap melintas di tempat tempat keramaian atau tongkrongan seperti warung kopi, kafe karaoke , dan lainnya Kapolres beserta anggotanya langsung turun mendatangi lokasi itu sembari mengimbau untuk segera membubarkan diri dan tutup lebih awal serta meminta kepada para pengunjung untuk segera pulang dan tidak bergerombol .

Tetapi sebelum pulang para pengunjung diminta untuk terlebih dahulu membayar makanan dan minuman yang telah dipesan. Selain itu Polres juga memberikan selebaran Maklumat Kapolri berisi tentang himbauan untuk menjaga kesehatan dan bahaya virus tersebut.

Kapolres Rembang AKBP Dolly A.Primanto tak henti-hentinya di sepanjang jalan silih berganti dengan anggota lainnya menggunakan pengeras suara menyuarakan untuk mewaspadai virus itu sembari membacakan maklumat Kapolri Jendral Polisi Drs. Idam Aziz, M.Si.

Dolly menegaskan, maklumat Kapolri di situ ada, social distancing, jaga jarak satu sama lain, menghindari kerumunan banyak orang dan mementingkan berkegiatan di rumah saja demi tidak menularnya virus itu.

“Mengimbau kepada masyarakat jaga kesehatan, berjemur saat pagi di bawah sinar matahari di rumah (berkegiatan di rumah). Masih disinyalir masih ada titik nongkrong, cafe yang masih buka tempat berkumpulnya warga. Saya mengimbau ini bisa untuk bisa dijalankan. Sehingga nantinya bisa meminimalkan penyebaran virus itu,” kata Dolly.

“Kami minta pengelola cafe atau tempat nongkrong bahkan warga yang berkunjung itu menyadari kondisi bahwa saat ini memang darurat Corona,” jelasnya.

Menurutnya, kerumunan seseorang atau sejumlah warga di luar rumah itu berpotensi menjadi wadah penyebaran virus corona.

“Polres Rembang sendiri bakal gencar menyosialisasikan potensi bahaya penyebaran virus corona untuk ke depannya. Supaya dapat dihindari hal hal yang memang dinilai membahayakan bagi seseorang,”ucapnya.

Dari pantauan media di lapangan, Dolly dan anggotanya membacakan beberapa hal penting. Mulai dari cara hidup sehat, imbauan penyemprotan desinfiktan, cuci tangan yang bersih menggunakan hand sanitizer (sabun, pembersih kuman, red), memeriksakan kesehatan secara baik dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, kegiatan untuk mencegah menyebarnya virus corona itu mulai pukul sekitar 22.00 WIB dari titik start Polres, menuju arah barat (sepanjang jalan yang ada cafe dan karaokenya, red) hingga Desa Pulo. Setelah itu ke arah utara menuju arah Kota, alun-alun (tempat nongkrong kawula muda) dan berakhir hingga pukul 00.30 WIB.