Breaking News

Ditpolairud Polda Jateng Bersama Polres Rembang Tanam Terumbu Karang Buatan di Laut Rembang

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Direktorat Polairud Polda Jawa Tengah melakukan penanaman terumbu karang buatan di perairan Pulau Gede, Kabupaten Rembang, Selasa kemarin (21/01). Upaya ini bagian dari mendorong dan menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap ekosistem bawah laut.

Penanaman terumbu karang tersebut dipimpin oleh Analis Bidang Operasional Direktorat Polairud Polda Jawa Tengah AKBP Budi Wijayanto. Turut hadir, di antaranya Kapolres Rembang AKBP Dolly Arimaxionari Primanto, Camat Kaliori Harjono dan sejumlah pejabat dari Polres dan Pemerintah Rembang maupun dari perwakilan Pemerintah Jawa Tengah.

Budi Wijayanto mengungkapkan, kegiatan penanaman terumbu karang ini merupakan kegiatan kedua. Sebelumnya, dilakukan hal serupa di perairan Karang Jeruk, Kabupaten Tegal.

Dibuat dari cor semen yang ditempatkan di perairan seputar Pulau Gede.

Di Rembang, penanaman terumbu karang buatan berangkat dari tempat wisata Pantai Pasir Putih Wates, Kecamatan Kaliori. “Kami membawa 10 terumbu karang buatan berbentuk kubus sebesar 0,5 meter persegi. Dibuat dari cor semen yang ditempatkan di perairan seputar Pulau Gede,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, sebelum dilakukan penanaman terumbu karang pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang untuk melakukan penelitian terlebih dahulu. Setelah dirasa terumbu karang bisa hidup, baru dilakukan penanaman.

“Sebelumnya kami lakukan penelitian dulu dengan Undip agar terumbu karang yang hendak kita tanam bisa hidup,” terangnya.

Budi memastikan kegiatan sejenis akan terus berlanjut di kemudian hari. Karena terumbu karang merupakan sumber kehidupan masa depan yang memang perlu dilindungi demi menjaga kelangsungan ekosistem bawah laut.

“Jangan sampai seperti membuang sampah, jadi barang yang kita taruh harus ada gunanya,” ujar dia.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Rembang Suparman menuturkan, kegiatan yang diinisiasi polisi Jawa Tengah ini dipastikan bakal banyak memberi manfaat bagi masyarakat di Rembang, khususnya bagi nelayan.

Dengan penanaman terumbu karang akan membuat ikan yang ada di perairan Rembang bertambah. Pasalnya, terumbu karang akan menjadi tempat persembunyian dan tempat berkembang biak ikan, terutama ikan karang.

“Dengan banyaknya terumbu karang, akan menjadi tempat pemijahan ikan. Ikan-ikan akan melepaskan telur di terumbu karang. Dampaknya ikan akan bertambah banyak,” jelas dia.

Ditambahkan, kegiatan penanaman terumbu karang di laut Rembang sudah kerap dilakukan. Selain Polda Jawa Tengah hari ini, Pemerintah Jawa Tengah juga sudah dua kali melakukan kegiatan yang sama. Seperti di perairan sekitar Pulau Karang Gosong Punjulharjo dan Pulau Siwalan Pasar Banggi.

“Di sekitar Pulau Siwalan menjadi konservasi terumbu karang. Di tempat ini bisa untuk snorkeling karena karangnya dilindungi,” ujar dia.

 

Lihat juga artikel berikut