Hilangkan Kesan Ditakuti Anak-anak, Satlantas Polres Rembang Gelar Kegiatan Polsanak

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Satlantas Polres Rembang Polda Jateng melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak) di TK Negeri 1 Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, Kamis (28/11/2019).

Program Pendidikan Masyarakat (Dikmas) sebagai wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya anak-anak usia dini, dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada anak-anak untuk tertib berlalu lintas di usia dini. Termasuk menghilangkan kesan polisi yang sering ditakuti anak-anak.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Rembang Aiptu Hartono menjelaskan, kegiatan Polsanak yang dilaksanakan selama ini direspon positif oleh pihak sekolah.

Dalam kegiatan rutin Polsanak itu, ada pihak sekolah yang berkunjung ke Polres Rembang maupun sebaliknya, Satlantas yang berkunjung ke sekolah.

“Tentunya dengan kegiatan Polsanak ini diharapkan anak usia dini dan pelajar paham dengan tugas mulia seorang polisi, jiwa kesatria, jujur dan disiplin, dapat dicontoh dan menjadi karakter pada saat mereka dewasa nantinya,” ujar Hartono.

Kegiatan ini juga untuk menghilangkan kesan negatif yang membuat anak-anak takut pada polisi.

Dengan pendekatan humanis, diharapkan anak-anak tidak takut lagi dengan polisi yang fungsinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Selama ini, kunjungan anak usia dini, pihak sekolah membuat surat untuk berkunjung ke Rembang. Di sisi lain, Satlantas Polres Rembang juga giatkan Polsanak di TK, SD, SMP maupun SMA dengan memberikan penyuluhan kepada anak dan pengenalan rambu-rambu lalu lintas, serta fungsi Helm dan kegunaannya, mengajarkan cara menyeberang jalan supaya aman dan pelopor keselamatan berlalu lintas,” tuturnya.