Breaking News

Peringatan 40 Hari Wafatnya Mbah Moen : Kalau Kantong Parkir Penuh, Polisi Siapkan Langkah Terakhir

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Jalur Pantura di depan Pondok Pesantren Al Anwar, Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang akan ditutup, hari Sabtu (14 September 2019), karena terkait peringatan 40 hari wafatnya Kiai Maimoen Zubair (Mbah Moen). Pantura Sarang adalah titik perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Penutupan tersebut dimulai dari pukul 15.00 Wib sampai dengan 24.00 Wib. Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang, AKP Roy Irawan mengatakan kendaraan dari arah Surabaya menuju Semarang, dialihkan ke jalur alternatif. Mulai jalur Pantura pertigaan Bulu Kabupaten Tuban, menuju Jatirogo – Sale – Pantura Lasem – Rembang. Begitu pula sebaliknya, arus kendaraan dari arah Semarang menuju Surabaya, dilewatkan jalur tersebut.

Namun jalur alternatif ini hanya berlaku untuk mobil pribadi, bus dan kendaraan barang di bawah bobot 10 ton. Sedangkan truk tronton, truk gandeng dan sejenisnya di atas bobot 10 ton, diarahkan masuk kantong-kantong parkir untuk sementara, selama waktu 9 jam itu.

Kebijakan penutupan jalur Pantura, karena banyak tamu undangan yang akan datang ke Sarang. Bahkan ruas jalan Pantura, depan pintu gerbang pondok pesantren ikut menjadi lokasi kegiatan.

“Yang truk-truk besar, kami mohon masuk kantong parkir antara pukul 15.00 – 24.00 Wib. Sopir bisa istirahat sementara. Kalau nekat berjalan, kemungkinan besar terjebak macet, “ kata Kasat Lantas.

AKP Roy Irawan menambahkan apabila kantong parkir penuh, maka sebagai langkah terakhir, kendaraan yang menumpuk akan ditempatkan di jalan sisi utara sepanjang jalur Pantura. Polisi disebar untuk menjaga, supaya kendaraan tidak menerobos. Sedangkan sisi selatan jalan digunakan bagi para tamu yang akan menuju pondok pesantren Al Anwar.

“Pengamanan jalur dikendalikan langsung oleh pak Kabag Operasional Polres Rembang. Kami belum menerima info mengenai kehadiran tamu-tamu VVIP. Tapi yang jelas, kita sudah siapkan lokasi parkir maupun pengawalan, “ tandasnya.

Satlantas Polres Rembang, secara intensif juga berkoordinasi dengan Satlantas Polres Pati maupun Satlantas Polres Tuban, Jawa Timur. Mereka diminta membantu menyosialisasikan kepada pengguna jalan, soal penutupan jalur Pantura Kecamatan Sarang, selama 9 jam tersebut.

 

 

 

Lihat juga artikel berikut