Breaking News

Jelang Pilkades, Kapolsek Sumber Rembang Monitoring Tahapan Pilkades

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Kepolisian Sektor Sumber Rembang  dipimpin Kapolsek Sumber  Polres Rembang  Polda Jawa Tengah Iptu Saleh didampingi Bhabikamtibmas, Muspika dan Kasi Tapem, melaksanakan monitoring kegiatan monitoring dan evaluasi tahapan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Tlogo Tunggal Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang dalam rangka Pilkades Serentak tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan di Balai desa  Tlogo Tunggal, Rabu (25/9/2019).

Kapolsek  Sumber Polres Rembang Iptu Saleh mengatakan untuk keamanan dilokasi , Polsek Sumber bersama Polres Rembang menurunkan personil guna memantau pelaksanaan kegiatan tersebut agar berjalan lancar dan kondusif. Terkait pelaksanaan Pilkades tersebut diperintahkan kepada Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan Kepolisian untuk menghimbau kepada masyarakat ataupun calon Kades agar tidak melakukan Money Politik, perlu dijelaskan kepada masyarakat bahwa pemberi dan penerima suap dapat diancam dengan hukuman pidana.” terang Kapolsek.

Kapolsek menambahkan bahwa masing-masing Bhabinkamtibmas melekat di desa masing masing binaanya dan diperintahkan untuk menginvertarisir tim sukses masing masing calon di desa binaan untuk dicatat identitas perorangan tim sukses karena apabila ada gejolak yang timbul bisa di kondisikan melalui tim sukses, selanjutnya diberikan pemahaman kepada calon Kades  sebelum mencari SKCK di Polres harus meminta rekomendasi tingkat Polsek terlebih dahulu dan Bhabinkamtibmas agar menyampaikan kepada panitia pemilihan tingkat desa, untuk TPS yang DPT nya lebih dari 1000 orang untuk menambah biliknya,  karena setiap pemilih menggunakan waktu rata rata 3 menit. “imbuh Kapolsek .

Iptu Saleh juga mewanti-wanti agar Panitia pemilihan Kepala Desa dan perangkat Desa agar selalu menjaga netralitas dalam tahapan Pilkades untuk ciptakan situasi yang kondusif serta Agar perangkat desa dan panitia pilkades netral dan bekerja sesuai koridor dan aturan ( SOP)  yang berlaku, Dan agar membaca dan memahami undang undang atau aturan yang telah ditetapkan.”ungkap Kapolsek.

Sampai saat ini Calon Kades di Desa Tlogo Tunggal sejumlah 7 ( tujuh ) orang.

 

 

Lihat juga artikel berikut