Waspada Karhutla, Polsek Bulu Rembang Giatkan Patroli Bersama Polhut

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta perkebunan, Polres Rembang dan jajarannya melaksanakan giat patroli bersama diantarannya yang dilaksanakan oleh Polsek Bulu Polres Rembang yang  menugaskan personil yakni, Kanit Reskrim Polsek Bulu  Aiptu Sukirno bersama Polisi Kehutanan (Polhut) Palangka Raya untuk melaksanakan giat patroli cegah karhutla di Desa Sendangharjo Kecamatan Bulu, Rabu (14/08/2019) Siang.

Kegiatan yang dilakukan oleh Polsek Bulu bersama Asper, KRPH, Mandor  & masyarakat   di RPH Sadang, Sendang harjo  Kecamatan Bulu .ini terkait pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan sekaligus mensosialisasikan bahaya kebakaran serta ancaman hukuman bagi warga masyarakat yang secara sengaja melakukan pembakaran lahannya.

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso melalui Kapolsek Bulu Polres Rembang AKP Sukiyatno  menghimbau agar masyarakat dapat berperan aktif dalam melakukan pencegahan karhutla di wilayah hukumnya.

“Sasaran patroli cegah karhutla ini kami arahkan pada beberapa daerah yang dianggap rawan, oleh sebab itu saya sangat berharap kepada warga masyarakat yang mau membuka lahan agar sekiranya tidak dengan cara dibakar, mengingat dampaknya sangat fatal karena asap dari hasil pembakaran hutan dan lahan itu dapat mengganggu kesehatan,” kata Sukiyatno.

Sementara itu masyarakat desa  akan selalu mendukung langkah – langkah pihak kepolisian dan instansi terkait dalam melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla di Kabupaten Rembang khususnya kecamatan Bulu yang mendatangi warga masyarakat secara langsung.

“Cara ini saya anggap sangat efektif, dikarenakan dapat bertatap muka dengan warga masyarakat secara langsung guna menyampaikan pesan – pesan dan arahan serta sanksi hukum bagi warga yang nekat atau sengaja membuka lahan pertanian dan perkebunannya dengan cara dibakar” pungkas Sukiyatno.