Terbakar, Lahan Tebu Satu Hektar Di Desa Jambangan Rembang Hampir Ludes

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Warga di Desa Jambangan Kecamatan Rembang, Jawa Tengah, Selasa siang (23/7/2019) digemparkan dengan terbakarnya lahan tebu dengan luas satu hektar.

Lahan yang terbakar berada dikawasan RT 5 RW 3, milik seorang petani tebu warga desa setempat yang bernama Jupri. Saat kejadian pemilik ladang tidak nampak datang kelokasi.

Lahan tebu yang terbakar kebetulan sangat dekat dengan pemukiman penduduk desa setempat. Tepatnya berada di jalan Rembang – Pamotan, sebelah timur  kantor Satpol PP, ada pertigaan keutara.

Warga yang mengetahui hal tersebut lantas memberi tau warga yang lain untuk bersama-sama memadamkan api dengan peralatan seadanya, agar tak merembet ke pemukiman warga.

Agar api cepat tertangani, masyarakat berinisiatif menghubungi petugas pemadam kebakaran pada Satpol PP Rembang.

Kapolsek Kota Rembang AKP Haryanto mengatakan  pertama kali kejadian tersebut  diketahui oleh warga, namun api sudah membesar dan membakar lahan.

Anggota regu pemadam saat datang, api sudah membakar sebagian besar lahan. Hanya tersisa di bagian tepi, sedangkan tengahnya sudah hangus.

Tim regu penjinak api, yang datang kelokasi langsung melakukan penyemprotan guna pencegahan api merembet kepemukiman warga. Petugas menerjunkan satu unit armada pemadam kebakaran, dengan dukungan mobil tangki.

“Lahannya kurang lebih satu hektar luasnya. Sebagian besar sudah terbakar mas. Hanya tersisa sebagian yang dekat penduduk saja,” kata Kapolsek.

Setelah dilakukan penyemprotan, api baru padam pada pukul 15.20 waktu setempat. Dengan kejadian masyarakat dihimbau selalu waspada mengingat wilayah Kabupaten Rembang mulai memasuki kemarau.

Sampai berita ini diturunkan, belum dapat diketahui secara pasti berapa jumlah kerugian akibat musibah kebakaran tersebut. Mengingat, lahan tebu yang terbakar siap panen.