Breaking News

Sat Polair Polres Rembang Kawal Larung Sesaji Tradisi Sedekah Laut Desa Gedongmuyo

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id,Polres Rembang – Acara tradisi sedekah laut rutin dilaksanakan setiap tahun di Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Sedeklah laut selain melarung nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, hasil bumi juga kepala kerbau, hal ini dimaksudkan agar para nelayan dalam melaut diberikan keselamatan oleh Allah Swt,  terhindar dari musibah kecelakaan di laut dan  mendapat hasil yang melimpah, untuk menambah kesejahteraan para nelayan.

Acara larung Sesaji mendapat pengamanan oleh petugas dari Sat Polair Polres Rembang dilaksanakan pada hari Minggu (21/7/2019) dimulai pukul 10.00 Wib di  pantai utara Desa Gedongmulyo.

Kegiatan tersebut dikawal oleh KBO Sat Pol Air Polres Rembang Ipda Jumino bersama 4 anggota Sat Polair ,Bhabinkamtibmas serta warga dan para nelayan di desa itu .

Yang menambah suasana lebih sakral adalah pada saat pelaksanaan larung sesaji ke tengah laut,   kelompok karawitan/ gamelan mengiringi dengan  membawakan gending-gending jawa, yang mana hal ini sudah sangat jarang kita temukan.

Dari kejauhan nampak kapal para nelayan yang dihias sedemikian rupa seperti akan dilombakan, hal ini menambah daya tarik  yang ingin menyaksikan acara sakral tersebut.

Pada saat pelepasan sedekah laut Patroli Sat Polair Polres Rembang dengan menggunakan kapal patroli Polair  mengawal kapal nelayan yang membawa sesaji ke tengah lautan, diikuti oleh 50 kapal nelayan.

Acara Sedekah Laut selain diharapkan membawa berkah bagi para nelayan, ternyata acara rutin ini juga membawa berkah tersendiri bagi para pedagang yang saat itu berjualan di lokasi tersebut. ucap Ipda Jemino.

 

Lihat juga artikel berikut