Breaking News

Polres Rembang Gelar Pembinaan Dai Kamtibmas

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id,Polres Rembang – Sat Binmas Polres Rembang melaksanakan kegiatan Pembekalan Da’i Kamtibmas Jajaran Polres Rembang dengan tema “ Menjalin Sinergitas Kemitraan Polri Dengan Masyarakat Dalam Mencegah Tindak Radikalisme dan Anti Pancasila Demi Keutuhan NKRI “ , yang dilaksanakan di aula Polres Rembang, Jum’ at (19/7).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kasat  Binmas Polres Rembang, Anggota Sat Binmas, Da’i Kamtibmas di 14 Kecamatan sekabupaten Rembang.

Kasat Binmas Polres Rembang AKP Suhendi Tirta  mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai pembekalan kepada dai kamtibmas yang tersebar di desa-desa agar bisa memberikan pemahaman ke masyarakat tentang persoalan yang menjadi wacana di kalangan masyarakat.

Kita melakukan pembianaan terhadap Dai Kamtibmas wilayah Kabupaten Rembang dari Polsek-polsek kita undang.

Diperlukan adanya sinergitas antara ulama dan umaro dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Semuanya harus saling mendukung dan berperan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

“Kalau ulamanya baik, umaronya baik insya Allah negara kita akan baik. Tapi sebaliknya apabila umaronya dzolim dan ulamanya tidak mau mempersatukan umat maka akan terjadi perpecahan,” katanya.

AKP Suhendi Tirta juga menyampaikan peran dai kamtibmas diperlukan untuk menyatukan umat, memadukan saudara-saudara kita, sehingga bisa kita pererat dengan silaturahmi dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Hal itu untuk menangkal orang yang tidak berkenan dengan perbedaan yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan silaturahmi dan pembinaan Dai Kamtibmas dilaksanakan untuk memaksimalkan peran Dai Kamtibmas dalam menangkal paham radikalisme dan terorisme. “Selain itu untuk menjalin sinergitas dan mewujudkan situasi kamtibmas kondusif ,” ucapnya.

Dalam kegiatan diberikan materi pembinaan tentang mesyukuri nikmat yang sudah diberikan dengan melaksanakan kegiatan positif. Selain itu mengajak Dai Kamtibmas untuk menangkal perilaku negatif dalam masyarakat.

Materi pembinaan yang kedua disampaikan dari H Moch Muchson SAG MPDI dari  Kemenag Kabupaten Rembang. Dalam kesempatan tersebut, disampaikan materi terkait Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan beragama, untuk mewujudkan persatuan dalam masyarakat.

Lihat juga artikel berikut