Breaking News

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Sat Resnarkoba Polres Rembang Gandeng PKK

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Dalam rangka memperingati hari Anak Nasional ,Sat Resnarkoba Polres Rembang  menggandeng Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK ) se Kabupaten Rembang dalam menekan penyalahgunaan narkoba. Dan mengantisipasi sejak dini. Hal itu terungkap tatkala  Sat Resnarkoba Polres Rembang bersama PKK Rembang menggelar kegiatan komunikasi informasi dan edukasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di pendopo Kartini Rembang, Selasa (16/7/2019).

Dijelaskan, kegiatan P4GN melalui media konvesional kepada keluarga tersebut diharapkan dapat mencegah sejak dini penyalahgunaan narkoba. Karena bagaimana pun upaya pencegahan paling depan berada dalam lingkungan terdekat yakni keluarga. Apalagi dalam beberapa kasus narkoba, para pengguna narkoba acapkali masuk dalam lingkaran setan narkoba itu. Karena kurangnya perhatian keluarga, yang mengantarkan mereka pada pergaulan yang salah.

Karena itu peran orang tua, khususnya ibu sangatlah menentukan untuk menjaga keluarga, sekaligus mencegah anggota keluarganya terjerumus dalam barang haram itu.

Kasat Resnarkoba Polres Rembang Iptu H M Edi Sismanto, SH  mengatakan, untuk membentengi keluarga dari penyalahgunaan narkoba upaya pencegahan dini mesti dilakukan. Seperti dengan menanamkan nilai-nilai positif kepada keluarga. Caranya dengan kemampuan mengatasi masalah, kemampuan bersosialisasi, budaya hidup sehat, harga diri dan percaya diri. Termasuk dengan menumbuhkan kepribadian berkarakter, serta menyampaikan informasi tentang narkoba kepada anak, suami dan keluarga.

Oleh karena itu, peran keluarga dalam P4GN yakni menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, memahami kondisi psikologis anak, serta menjalin komunikasi antara orang tua dan anak. Kemudian membekali anak dengan iman dan takwa, memberikan pengetahuan bahaya narkoba, mengajarkan tanggung jawab kepada anak, serta adanya pengawasan secara aktif.

“Karena itu, seorang ibu mempunyai peran yang cukup besar didalam keluarga. Terlebih anak-anak yang sangat dekat dengan ibu dibanding ayah. Peran itu sangat menentukan kehidupan keluarga,” ucapnya saat menjadi narasumber acara tersebut.

Lihat juga artikel berikut