Breaking News

Warga Rembang Sambut Idul Fitri dengan Takbir Keliling

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id,Polres Rembang – Para santri, pemuda masjid, dan kelompok warga dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Selasa (4/6) malam, meramaikan malam pawai takbiran keliling memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1440 H / 2019 Masehi.

Pawai takbiran ini berlangsung secara serentak, namun tanpa dikoordinir oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Rembang maupun lembaga mana pun. Mereka ada yang berangkat dari depan Mesjid Agung, mushola, maupun dari desa penyelenggara takbir keliling, tanpa ditandai dengan pelepasan rombongan takbir.

Hal yang membuat suasana begitu meriah, semua peserta pawai takbiran menggunakan kendaraan roda empat bak terbuka yang dihias berbagai pernak-pernik lampu, dengan perlengkapan sound system berkekuatan ribuan watt dan seperangkat alat musik.

“Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf lahir dan batin,” ucap salah satu peserta takbir dihadapan kerumunan masyarakat sebelum keliling menyusur jalan protokol yang ada di Kota Rembang.

Para peserta umumnya mengambil rute jalur pantura, dan sebagian menyusur Jalan Cokroaminoto-Jalan Dr Wahiodin, Jalan Kartini-Jalan Pemuda, dan jalan tingkat kabupaten lainnya.

Saat berkeliling, peserta mengumandangkan takbir dengan diiringi musik bernuansa islami. Namun tak jarang peserta yang mengumandangkan lagu padang pasir, bahkan dang-dut, di sela-sela takbirnya.

Banyaknya kelompok masyarakat yang melakukan takbir keliling, selain membuat suasana di malam perayaan menyambut datangnya Idul Fitri meriah, juga membuat arus lalu lintas di jalur pantura Kota Rembang ramai lancar,

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso saat meminpin pengamanan malam takbiran di depan pos pelayanan alun – alun Rembang  mengatakan meski sudah ada himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan takbiran di masjid – masjid namun masyarakat tetap melaksanakan takbir keliling. Polres Rembang menerjunkan 120 personil untuk mengamankan jalannya takbir keliling mala mini. Anggota disiagakan disetiap jalur yang dilalui oleh pawai takbir keliling. Ahamdulillah semua bisa berjalan lancar dan aman, jelas AKBP Pungky.

 

 

Lihat juga artikel berikut