Breaking News

Polsek Sluke Rembag Sidak Tempat Penjualan Petasan

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Aparat Kepolisian  Sektor Sluke, menggelar operasi penertiban dan inspeksi mendadak ke toko atau penjual petasan kembang api di Kecamatan tersebut.

Kapolsek Sluke Polres Rembang Iptu Sunandar mengatakan “Kami razia secara berkala untuk memantau produk-produk kembang api atau petasan udara yang dijual, apakah sudah mengantongi izin atau tidak,” kata Kapolsek Sluke Polres Rembang, Selasa (11/6/2019).

Pemeriksaan dilakukan pada surat izin penjualan kembang api yang dikeluarkan Kepolisian serta ragam petasan udara dan kembang api yang diperdagangkan.

Hasilnya, di toko Dadi jalan raya depan pasar Sluke dan toko Adi di pasar Sluke mengatakan bahwa usaha perdagangan yang dijalankan kedua toko  itu telah mengantongi izin.

“Tadi sudah kami periksa semua, dan memang tidak ditemukan petasan polosan, ataupun petasan yang langsung menimbulkan ledakan. Semuanya sudah ada dan telah memenuhi aturan,” ujarnya.

Iptu Sunandar  menjelaskan, ada dua spesifikasi kembang api atau petasan udara yang menjadi fokus inspeksi petugas.

Pertama terkait kekuatan ledakan yang dihasilkan, dan kedua posisi ledakan.

“Selama ledakan tergolong ‘low explosive’ (berdaya ledak rendah) dan meledaknya di udara, tidak masalah. Petasan yang dilarang itu yang meledaknya langsung di darat, apalagi memiliki kekuatan ledakan besar,” katanya.

Jika tidak memiliki atau mengantongi izin langsung dari Kepolisian untuk berjualan petasan udara dan kembang api, polisi mengharuskan pengecer/pedagang untuk menunjukkan kuitansi pembelian dari toko kembang api resmi yang telah mengantongi izin.

“Aturan ini diberlakukan agar aktivitas penjualan kembang api atau petasan udara di wilayahnya tetap terkontrol,” katanya.

Lihat juga artikel berikut