Breaking News

Kapolres Rembang Pimpin Pengamanan Perayaan Kirab Larung Sesaji Desa Tasik Agung Rembang

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang- Ribuan  orang padati Kota Rembang untuk menyaksikan Kirab  larung sesaji  dalam rangka sedekah laut dan Bumi Desa Tasik Agung Kecamatan  Rembang Kabupaten  Rembang .  Kegiatan  kirab larung  sesaji  hari ini digelar merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Sedekah laut dan Bumi merupakan salah satu bentuk wujud rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang didapat selama setahun. Kegiatan sedekah laut dan bumi di desa Tasikagung diadakan sehari setelah  lebaran ketupat (syawalan). Para  nelayan libur melaut,karena tidak ingin ketinggalan kemeriahan acara sedekah laut dan bumi serta  ikut aktif disetiap kegiatannya.

Perayaan kirab larung sesaji ini   merupakan  perayaan upacara sedekah laut  dan bumi  yang digelar 8 hari setelah hari raya idul fitri 1440 H  Pada hari ini, masayarakat  setempat  mengikuti parade mobil hias dan karnaval dengan berkeliling kota Rembang  guna memeriahkan  sedekah laut dan bumi dan dilihat oleh ribuan orang baik dari dalam kota Rembang maupun luar kota Rembang  . Di antara rombongan karnaval tersebut, terdapat ubo rampe yang nantinya dibawa ke tengah laut untuk dilarung/dihanyutkan. Kamis ( 13/ 6/2019) pagi.

Kirab larung sesaji dalam rangka  sedekah Laut dan  bumi  strat dari desa tasikagung ditepi pantai dukuh kramatan dan dukuh pabean desa tasikagung rembang dengan melaksanakan kirab yang dilepas oleh Bupati Rembang , bersama Forkopimda dan  Kepala Desa dan Perangkat desa  Ds Tasik Agung.

Route  yang di lewati dalam kirab dan larung sesaji start Desa Tasik Agung – Jembatan Karanggeneng –  belok kiri Jln Pantura – Belok kiri Asrama Polri Kartini  dan finis kembali ke Desa Tasikagung.

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso  terjun langsung  mengawal dan mengamankan kirab  bersama dengan  142 personel Polres Rembang   dengan menempati  titik – titik  pengamanan yang dilewati oleh iring iringan Kirab dan titik jalur khusus untuk pengalihan arus dari barat maupun timur melalui jalur alternatif.

Setelah kegiatan Kirab selesai naantinya dilanjutkan kegiatan larung saji di Perairan Rembang – Laut Jawa, ucap Kapolres Rembang.

Lihat juga artikel berikut