Breaking News

Kabag Sumda Polres Rembang Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Kabag Sumda Polres Rembang Kompol Sugiyanto memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara digelar di halaman Polres Rembang Jalan Pemuda Km 04 Rembang. Sabtu (1/6/2019), upacara dimulai pukul 08.00 WIB.

Upacara diikuti oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, perwira staf, anggota Polres Rembang serta ASN.

Adapun sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia  yang dibacakan oleh Kabagsumda dengan penekanan Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-niali Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat pancasila yang berlindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Bulan Suci Ramdhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagaisumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat, ucap Kabag Sumda dalam membacakan amanat.

Lihat juga artikel berikut