Breaking News

Cegah Pencurian, Sat Sabhara Polres Rembang Patroli Sasaran Rumah Kosong

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Rumah kosong biasanya jadi sasaran empuk kawanan pencuri. Untuk menghindari kejadian itu, Satuan Sabhara Polres Rembang patroli menggunakan sepeda angin. Patrol itu sampai di lokasi yang sulit dijangkau dengan sepeda motor dan mobil.

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso melalui Kasat Sabhara Polres Rembang AKP Sunar  mengatakan, patroli bersepeda memudahkan anggota melakukan pengamanan. Memantau situasi Kamtibmas di lingkungan pemukiman.

Jalan–jalan sempit di gang–gang bisa dijamah menggunakan sepeda. Seperti di Pemukiman Desa Ngotet, Kecamatan Kota Rembang, (4/6). Petugas menyambangi rumah – rumah kosong yang ditinggal pemilik rumah untuk Lebaran.

Mereka hanya melihat kondisi rumah dari luar dan berjaga sebentar di depan rumah. Sebelum meninggalkan lokasi petugas berpesan kepada tetangga di sekitar rumah yang ditinggal pergi pemilik rumah. Untuk sesekali mengawasi rumah kosong tersebut.

”Kami pastikan pintu gerbangnya terkunci dengan aman. Patroli menggunakan sepeda ini sangat efisien. Bisa melintasi lokasi yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat,” paparnya.

Dia melanjutkan, patroli yang menyasar rumah kosong untuk mengantisipasi terjadinya pencurian dengan pemberatan (curat). Patroli menggunakan sepeda sudah rutin dilakukan. Selain rumah kosong, tempat–tempat rawan tindak kriminalitas juga menjadi sasaran petugas.

Sebelum berpatroli, anggota Sat Sabhara Polres Rembang terlebih dahulu diberikan arahan agar mengutamakan keselamatan saat berkendara, melakukan pengecekan keamanan sepeda yang akan digunakan dan melaporkan kegiatan. ”Semoga adanya patroli sepeda ini gangguan Kamtibmas bisa diminimalisasi,” ungkapnya.

Lihat juga artikel berikut