Breaking News

Puasa Ramadhan, Patroli Sabhara Polres Rembang Beri Himbauan Rumah Makan

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id,Polres Rembang – Guna mewujudkan situasi yang kondusif selama bulan ramadhan, patroli siang Sat Sabhara Polres Rembang yang dipimpin oleh Aiptu Giyanto memberikan imbauan kepada pemilik rumah makan di Rembang, Senin (6/5/2019).

Dalam kesempatan patroli, anggota Sat Sabhara menyambangi warung nasi di sepanjang jalan Pemuda dan seputaran kota Rembang. Petugas kemudian memberi imbauan kepada pemiliknya untuk menghormati umat muslim yang hari ini melaksanakan ibadah berpuasa Ramadhan. Walaupun buka di siang hari tetapi harus ditata agar tidak mencolok.

Pemilik warung sebaiknya menutup sebagian warungnya sesuai petunjuk petugas. Sehingga tidak tampak secara jelas bahwa ada aktivitas makan di warung tersebut. Karena warung juga melayani warga non muslim maupun yang sedang tidak berpuasa karena berhalangan.

Kasat Sabhara Polres Rembang AKP Sunar menyampaikan bahwa warung yang buka di siang hari selama bulan puasa harus diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa. Para para pemilik warung makan dalam bulan ramadhan agar tidak membuka warung makan secara terbuka dan vulgar.

Dengan menata warung sedemikian rupa sehingga dapat menghormati masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa karena tidak secara jelas menjual makanan di siang hari selama bulan puasa. Namun dikhususkan untuk warga tertentu saja, jelas AKP Sunar.

Selain itu, langkah tersebut juga dapat mencegah permasalahan sosial terkait intoleransi dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan demikian situasi kamtibmas dan toleransi dapat tetap terjaga serta tidak menimbulkan gangguan keamanan.

Lihat juga artikel berikut