Breaking News

Jelang Lebaran, Polres Rembang Gelar Operasi Ketupat Antisipasi Persoalan Kriminal

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Operasi ketupat candi 2019 bertepatan dengan pasca pemilu memiliki karakteristik tersendiri. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun lalu dimana operasi ketupat candi berkait dengan momen lebaran saja.

Operasi ketupat candi selama 13 hari ini tak hanya mengantisipasi persoalan kriminal yang dipicu karena faktor kebutuhan pokok. Namun persoalan lain yakni berkait dengan politik dan SARA.

Turut hadir dalam dari unsur Forkopomda Rembang, Ketua FKUB, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, PJU Polres Rembang  . Selaku pimpinan apel adalah Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso  saat gelar pasukan operasi ketupat candi di halaman Polres  Rembang, Selasa pagi (28/5/2019).

“Memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya. Operasi Ketupat Tahun 2019 akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019. Hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks,” paparnya.

Lanjutnya, selain persoalan gangguan Kamtibmas, operasi ketupat candi kali ini berpotensi munculnya gangguan teror kepada masyarakat maupun personil dan markas Polri.

“Sejalan dengan hal tersebut, berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme, aksi intoleransi dan kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas,” ungkapnya.

Hal lain yang menjadi perhatian personil Polri, TNI dan instansi terkait adalah gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut, dan udara.

“Termasuk juga permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok dan bencana alam tetap menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat Tahun 2019,” lanjut amanat Kapolri.

Operasi ketupat candi dimulai Operasi Ketupat Tahun 2019, yang akan digelar selama 13 hari, mulai Rabu dini hari tanggal 29 Mei 2019, sampai dengan hari Senin tanggal 10 Juni 2019. Apel gelar pasukan melibatkan TNI, Polri , instansi pemerintah daerah mulai dari satpol PP, dinas perhubungan (Dishub), Dinas kesehatan (Dinkes), Pemadam Kebakaran, Senkom ORARI DL dan RAPI.

Lihat juga artikel berikut