Breaking News

Hari Ke 3 Masa Kampanye Terbuka di Kabupaten Rembang Masih Sepi

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang  – Masa kampanye rapat umum atau kampanye terbuka di Kabupaten Rembang masih sepi senyap. Para peserta Pemilu cenderung memilih cara kampanye lain yang dianggap lebih efektif.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan sekaligus pendukung pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Ridwan menjelaskan pihaknya sampai hari Selasa (26 Maret 2019) masih melakukan konsolidasi, menyangkut ada tidaknya kampanye rapat umum. Termasuk berkoordinasi dengan tim kampanye Jokowi – Amin di tingkat provinsi dan pusat. Namun sejauh ini belum ada rencana menggelar kampanye terbuka di Kabupaten Rembang. Menurut Ridwan, model kampanye apapun sama – sama mempunyai manfaat, sehingga semua cara harus dicoba.

Kalau massa dan anggaran, nggak ada masalah. Saya kira soal waktu saja. Bagi saya, mau kampanye terbuka, lewat media, rapat terbatas maupun silaturahmi, semua penting,  kata Ridwan.

Hal senada diungkapkan Joko Supriyadi, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga pendukung pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Joko membenarkan sampai hari ini, dirinya belum menerima informasi, apakah pasangan nomor urut 02 itu akan meramaikan kampanye di Kabupaten Rembang.

Bagi Joko, kampanye rapat umum untuk pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden cukup penting, karena memiliki nilai untuk mendongkrak suara tingkat lokal hingga nasional. Tapi kalau konteks pemilihan anggota DPRD Rembang, menurutnya lebih tepat menggunakan metode menemui warga secara langsung.

Untuk kampanye rapat umum, belum ada info mas. Yang Capres Cawapres, menurut saya kampanye rapat umum memiliki manfaat secara luas. Tapi kalau pencalegan DPRD yang tingkatannya lokal, kompetisi sangat ketat, jadi lebih efektif door to door,  bebernya.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasional Polres Rembang,Polda Jateng, Kompol Yohan Setiajid membenarkan berdasarkan pengajuan ke Polres Rembang, belum ada satupun kampanye rapat umum. Baik dari partai politik maupun pasangan Capres Cawapres. Jenis kampanye yang paling banyak dilakukan saat ini adalah kampanye rapat terbatas. Meski kondisi tersebut memperingan beban kepolisian, namun pihaknya tetap siap mengamankan apabila berlangsung kampanye rapat umum.

Kemarin sempat ada info pasangan Capres Cawapres nomor urut 2 mau di sini, tapi akhirnya dijadikan satu di Kabupaten Pati. Monggo kalau memang ada, ajukan pemberitahuan 3 hari sebelumnya. Nanti akan kita beri STTP (surat tanda terima pemberitahuan-Red),  tuturnya.

Jauh – jauh hari sebelum kampanye terbuka yang diadakan antara tanggal 24 Maret – 13 April, semua kandidat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden justru lebih dulu menyambangi Kabupaten Rembang. Capres Joko Widodo dan Cawapres Ma’ruf Amin mengunjungi Pondok Pesantren Al Anwar Sarang. Begitu juga Capres Prabowo Subianto, menemui Kiai Maimoen Zubair di Ponpes Al Anwar Sarang, sedangkan Cawapres Sandiaga Uno datang ke TPI Tasikagung dan Pasar Rembang.

Lihat juga artikel berikut