Breaking News

Satlantas Polres Rembang Gelar Program Millenial Road Safety Festival di Pesantren Raudlatut Thalibin

 

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Polres Rembang – Banyaknya kecelakaan yang melibatkan remaja atau yang lebih dikenal dengan kelompok millenial mendapatkan perhatian dari beberapa pihak.

Dari catatan Satlantas Polres Rembang tahun 2018 kemarin, jika dilihat dari ketegori usia maka korban yang paling banyak berkisar 18-24 tahun.

Dengan fakta lapangan tersebut, beberapa pihak yang mempunyai perhatian diantaranya Satlantas dan juga Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Kabupaten Rembang menggelar program Millenial Road Safety Festival (MRSF).

Kasatlantas pada Polres Rembang Polda Jateng AKP Roy Irawan menyatakan bahwa program tersebut bertujuan untuk memberikan informasi tentang keamanan berkendara dijalan raya. Dan khusus untuk generasi millenial agar menjadi pelopor keselamatan lalu lintas.

Bentuk-bentuk kegiatan MRSF sendiri berupa sosialisasi baik ke kampus atau pondok pesantren, jalan santai, safety riding, pameran millenial dan deklarasi pelopor keselamatan lalu lintas.

Untuk di Rembang rencananya kegiatan akan dipusatkan di Jalan RA. Kartini pada 17 April 2019 mendatang, sedangkan untuk MRSF serentak di Jawa Tengah rencananya akan di gelar pada 23 April 2019.

Ini program nasional Mas, dari pusat sampai daerah, ungkapnya.

Roy menambahkan bahwa kegiatan ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan politik. Banyak pihak yang diajak dalam menyukseskan MRSF. Diantaranya PGK, Relawan lalu lintas Indonesia (Relasi), OPD terkait serta media.

Beberapa materi yang disampaikan ketika sosialisasi ke pondok pesantren maupun lembaga pendidikan lainnya adalah safety riding, etika berlalu lintas, dan juga beberap simulasi di jalan raya agar terhindar dari kecelakaan.

Acaranya nanti akan kontinyu, setelah di pondok pesantren selanjutnya di kampus dan sekolah, Kami juga menyasar komunitas,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Kabupaten Rembang Bayanul Lail menyatakan bahwa MRSF sangat penting untuk meminimalisir kecelakaan khususnya korban yang kebanyakan para remaja.

Kegiatan MRSF bisa dikemas dengan menyesuaikan trend generasi millenial seperti musik, olahraga dan seni.

Kemudian lewat media tersebut perlahan-lahan informasi tentang pentingnya keselamatan di jalan raya ditularkan pada generasi yang saat ini menguasai media sosial itu.

“Kalau informasi diberikan secara monoton pasti yang mendengarkan akan bosan Mas, maka harus lewat media musik, olahraga atau seni,” Pungkasnya

 

Lihat juga artikel berikut