Breaking News

Berikut Jadwal Kunjungan Presiden Jokowi di Ponpes Al Anwar Sarang Rembang

Tribratanews.rembang.jateng,polri.go.id, Polres Rembang – Pihak pondok pesantren Al Anwar Desa Karangmangu Sarang, Kabupaten Rembang menyatakan kunjungan Joko Widodo pada hari Jum’at (01/02) besok, tidak terkait kampanye calon presiden. Namun merupakan bagian kunjungan kenegaraan, dengan agenda menghadiri kegiatan bertajuk “Sarang Berdzikir Untuk Indonesia Maju” di pondok pesantren (Ponpes) tersebut.

Salah satu putra Kiai Maimoen Zubair, pengasuh pondok pesantren, Majid Kamil menyatakan sebagai tuan rumah, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya menata lokasi acara, yang terpusat di depan kediaman Kiai Maimoen Zubair. Meski kondisi tempatnya sempit, namun akan dimaksimalkan untuk menampung para tamu undangan.

Selain tempat, pondok pesantren juga membantu pengamanan. Menurutnya, kunjungan Presiden Joko Widodo ini bersifat kenegaraan, sehingga unsur TNI/Polri akan terlibat langsung dalam mengamankan Presiden. Bahkan Kamis pagi (31 Januari 2019), Pasukan Pengamanan Presiden sudah berada di Pondok Pesantren Al Anwar. Majid Kamil menimpali yang masih belum jelas sampai Kamis siang, menyangkut jam kedatangan Jokowi, jadi setelah sholat jum’at atau seusai Ashar.

Yang dikunjungi kan pondok pesantren dan rumah abah (Kiai Maimoen Zubair-Red), jadi kita manfaatkan lorong – lorong gang di sekitar pondok pesantren untuk para tamu. Kita maksimalkan semua, yang gang ke barat, ke timur maupun utara selatan,  kata Majid Kamil yang juga Ketua DPRD Rembang ini.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang Polda Jateng, AKP Roy Irawan menjelaskan apabila ada kunjungan Presiden, pihaknya sebatas membantu pengamanan route jalur yang dilewati rombongan. Itupun ruang lingkupnya di area ring III. Sudah ada 4 mobil pengawalan yang disiapkan. Sedangkan pengamanan melekat, sesuai prosedur langsung ditangani oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Tiap kunjungan pak Presiden, terkait pengamanan dipegang oleh Paspampres. Yang di sini, domain pak Komandan Kodim sebagai Ka Satgas nya. Kami hanya bantu pengamanan route saja, terutama di persimpangan atau perempatan jalan, tandasnya.

Tak hanya itu saja Kabag Ops Polres Rembang Kompol Yohan Setiajid bersama Kasat Sabhara juga berada di lokasi untuk megecek lokasi parkir untuk tamu undangan yang akan hadir dalam acara   “Sarang Berdzikir Untuk Indonesia Maju”, tambah AKP Roy.

Berdasarkan informasi sementara yang diterima dari Sekretariat Negara kepada pihak kepolisian di Rembang, menyebutkan rencananya Presiden Joko Widodo berangkat dari lapangan udara Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 07.30 Wib Jum’at (01/02), menuju lapangan udara Juanda Surabaya. Pukul 09.00, menuju Rembang menggunakan jalur darat, lewat Gresik, Lamongan dan Tuban, Jawa Timur. Pukul 12.00, Jokowi dijadwalkan menunaikan sholat jum’at di Tuban. Barulah pukul 15.00 Wib, menghadiri acara di pondok pesantren Al Anwar, Sarang. Setelah itu Jokowi kembali ke Surabaya. Namun susunan jadwal tersebut masih memungkinkan berubah.

 

Lihat juga artikel berikut