Polres Rembang Menerima Aksi Damai Mahasiswa

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id, Rembang – Belasan mahasiswa di Kabupaten Rembang yang tergabung dalam Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Rembang menggelar aksi unjuk rasa di depan  Polres Rembang (12/10)

Ketua Pengurus Cabang PMII Kabupaten Rembang Mochammad Muqowwil Hujjaj menjelaskan, aksi yang pihaknya lakukan merupakan bentuk keprihatianan terhadap masyarakat pada saat ini.

Penyebaran hoax atau berita bohong yang dilakukan secara masif oleh sekolompok orang tertentu merugikan pembangunan nasional, baik pembangunan ekonomi maupun budaya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, saat ini sudah banyak bukti atas kejadian konflik sosial akibat efek dari penyebaran hoax.

Seperti saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa lalu, akibat peredaran hoaks pada saat itu hubungan antar masyarakat menjadi tidak harmonis.

Apabila penyebaran hoaks ini tidak ditangani secara serius maka persatuan bangsa dapat terancam, tandasnya.

Ia menambahkan, hukum yang diberlakukan sesuai aturan akan menjadi contoh masyarakatt untuk menghadapi hoaks. Butuh ketegasan aparat penegak hukum untuk mengatasi hoaks dan penyebarnya.

Jika hoaks tak ditangani sebagaimana mestinya, kami khawatir akan menjadi sebuah pembenaran bagi masyarakat, bahwa hoaks merupakan sesuatu yang wajar dan tidak melanggar hukum.

Dan parahnya lagi, hoax diproduksi justru digunakan sebagai alat untuk memenangkan sebuah kompetisi, termasuk dalam pemilu atau proses demokrasi, ungkapnya.

Kepala Polres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso saat itu menerima beberapa perwakilan mahasiswa yang sedang melakukan aksi unjuk rasa.

Pihak Kepolisian Resor Rembang sepakat untuk memerangi penyebar hoax sekaligus penciptanya. Hal itu dituangkan dalam bentuk penandatanganan kesepakatan bersama PMII dan Polres Rembang menolak Hoax.

Sementara itu, massa berunjuk rasa dengan melakukan orasi dan membentangkan spanduk yang antara lain bertuliskan lawan hoax , ujaran kebencian serta mendeklarasikan Pemilu 2019 aman damai dan sejuk.