Breaking News

Kebakaran Hanguskan Lahan Tebu 2 Hektare di Rembang

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id,Rembang – Lahan tebu seluas sekitar 2 hektare yang berada di Desa Kabongan Kidul Kecamatan kota Rembang, ludes terbakar, Rabu (25/7/18) siang. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Rembang, Wiyoto menyebutkan, api yang terus meluas membakar lahan tebu, sempat membuat panik warga karena nyaris menyambar 5 unit rumah warga yang berada di Perumahan Palm View, Desa setempat.

Ditengarai titip api semula berada di sebelah utara barat, tepatnya belakang toko roti Twin, kemudian cepat merambat hanya dalam hitungan menit, bisa sampai sini yang jaraknya dari titik api awal sekitar 100 meter lebih. Luasan lahan yang terbakar kira – kira ada sekitar 2 hektare, jelas Wiyoto saat ditemui di lapangan.

Wiyoto menjelaskan, atas insiden itu pihaknya menurunkan seluruh armada damkar yang ada. sebab, menurutnya jika tak segera ditangani akan menyambar rumah warga.

Untungnya kita sampai sini pas api sudah ada di belakang rumah warga ini, ada yang kena sedikit bagian garasinya. Kita langsung segera, turunkan 3 unti damkar, juga 3 unit mobil tangki, paparnya.

Setelah api sudah mulai mereda, kita sisir semua luasan lahan tebu disini, kami pastikan agar benar – benar tidak ada titip api lagi. Awalnya ada di sebelah sana, tapi anginnya kencang dari arah utara ke selatan, apinya langsung merambat itu tadi, imbuh Wiyoto.

Sementara itu, Kapolsek kota Rembang Polres Rembang , AKP Haryanto yang turut terjun di lapangan mengatakan, akan menyelidiki kasus kebakaran tersebut lebih lanjut. Ada indikasi, penyebab kebakaran karena adanya api sisa pembakaran lahan tebu usai panen.

Setelah kami cek tadi, titik api itu ternyata ada lahan tebu seperti bekas dipanen, dugaan kuatnya, lahan tebu biasanya habis dipanen kemudian dibakar, nah  ini kemudian ditinggal. Tapi kita belum bisa memastikan, kita akan lakukan penyelidikan lebih lanjut setelah ini, kita mintai keterangan saksi – saksi termasuk pemilik lahan yang habis panen itu, paparnya

 

Lihat juga artikel berikut