Breaking News

Arus Balik Lebaran 2018 di Jalur Pantura Rembang Ramai Lancar

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id,Rembang -Puncak gelombang arus balik yang melintasi jalur Pantura Kabupaten Rembang, hari Selasa (19/06/2018) menurun hampir 20 %, dibandingkan musim Lebaran tahun lalu.

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso ,SH,SIK,MSi mengatakan hal itu disebabkan beberapa faktor. Diantaranya masa liburan cukup panjang, mencapai 10 hari, sehingga pemudik lebih leluasa mengatur waktu perjalanan. Faktor lain, keberadaan infrastruktur jalan tol Semarang – Solo, membuat arus kendaraan yang menuju daerah – daerah di Jawa Timur terpecah dan tidak melulu mengandalkan jalur Pantura.

Nggak begitu padet sich, dibandingkan tahun lalu ya menurun. Baik arus mudik maupun arus balik. Ini kita masih pantau terus perkembangannya seperti apa, jelasnya.

AKBP Pungky menambahkan khusus jalur Pantura Kabupaten Rembang, terdapat 2 titik rawan macet, selama musim mudik Lebaran ini. Diantaranya dekat akses masuk obyek wisata Karangjahe Beach dan depan Pantai Kartini Rembang. Diperkirakan kepadatan pengunjung terjadi lagi hari Sabtu mendatang, ketika berlangsung tradisi Syawalan, sehingga tidak bersamaan dengan puncak arus balik Lebaran. Meski demikian untuk mengantisipasi Pantura lumpuh, sudah disiapkan jalur alternatif.

Kalau dekat tempat wisata Karangjahe macet, kendaraan kecil kita alihkan ke Lasem – Pamotan – Rembang. Sementara untuk mengurai macet di depan Taman Kartini, mobil pribadi dan truk kecil, lewat jalur lingkar Tireman – Pasar Penthungan. Kita perkirakan masih ada iring – iringan kendaraan arus balik, imbuhnya.
Jalur alternatif yang tersedia, hanya untuk kendaraan dibawah bobot 10 ton. Maka kendaraan berat yang sudah mulai beroperasi pekan ini, tetap harus lewat jalur Pantura. Kalau dipaksakan melalui akses alternatif, membahayakan jembatan di dekat SMP N 6 Rembang dan jembatan Jeruk Desa Sendangagung, Kecamatan Kaliori

Kapolres Rembang juga menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk selalu berhati hati dalam berlalu lintas taati peraturan dan jaga keselamatan

Lihat juga artikel berikut