Breaking News

Napak Tilas Wafatnya RA Kartini, Polwan Polres Rembang Ikuti Kirab Pataka

 

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id/ Rembang – Kata – kata mutiara Raden Ayu Kartini kembali dikirab mulai dari  museum sampai makam Kartini di Bulu, Jum at  (20/4/2018). Kirab pataka yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang itu diikuti oleh warga Rembang dari berbagai instansi,organisasi ,komunitas dan salah satunya adalah Pleton Polwan Polres Rembang.

Kirab diawali pementasan tari Sang Kartini dengan   prosesi pengambilan bendera yang bertuliskan kata-kata mutiara yang terpilih. Selanjutnya Istri Bupati Hj.Hasiroh Hafidz mengambil dua bendera pataka yang masing-masing bertuliskan kata-kata mutiara Kartini dan wajah Kartini setelah itu diserahkan kepada  Bupati Rembang H.Abdul Hafidz dan dipasangkan ke tiang bendera untuk dikirab.

Ratusan pengiring yang berjalan kaki terlihat memakai baju kebaya dan adat Jawa. Dari sebagian mereka juga membawa sejumlah lampion dengan berbagai bentuk dan gambar wajah Pahlawan emansipasi wanita Kartini.

Bupati seusai memberangkat kirab mengatakan kirab pataka merupakan prosesi yang sakral. Menggambarkan ketika RA Kartini saat disemayamkan dulu yang diiring oleh banyak orang.

Karena ketokohan RA Kartini inilah masyarakat merasa ngiring jenazahnya ibu Kartini. Dan mengenang semangat yang diwariskan, termasuk makna dari kata-kata mutiara yang dikirab,ujarnya.

Rute kirab pataka sendiri mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari Polres Rembang mulai start pukul 15.30 WIB dari museum RA Kartini ke utara masuk jalan pantura – ke barat ke arah tugu adipura ke selatan arah jalan Pemuda sampai finish di  Soetomo ke selatan sampamakam Kartini di Bulu. Ada tiga pos yang menjadi titik estafet , yakni pos galonan yang diberangkat Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso , pos kedua di Kecamatan Sulang dan pos di Bulu serta finish untuk disemayamkan semalam di sana

 

 

Lihat juga artikel berikut